Berikut Pesan Dirjen AHU saat Lantik dan Ambil Sumpah 435 Notaris

Berikut Pesan Dirjen AHU saat Lantik dan Ambil Sumpah 435 Notaris Dirjen AHU, Cahyo R. Muzhar, saat melantik 435 notaris yang berkedudukan di wilayah hukum Provinsi Jawa Timur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Cahyo R. Muzhar melantik 435 notaris yang berkedudukan di wilayah hukum Provinsi Jawa Timur, Sabtu (4/11/2023). Menurut dia, pelantikan dan pengambilan sumpah bukan sekedar acara seremonial belaka.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Westin ini diikuti 412 notaris baru, 20 notaris pindahan, dan 2 notaris pengganti antarwaktu. Pelantikan juga dihadiri Kepala, Heni Yuwono; Kadiv Yankumham, Nur Ichwan; Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Jatim, Saefur Rochim, dan Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim, Asep Sutandar.

Saat memberi sambutan, Cahyo mengatakan bahwa sumpah dan pelantikan ini merupakan amanat dari Undang-Undang tentang Jabatan Notaris. Sehingga turut wajib diberlakukan bagi Notaris termasuk Notaris Pengganti sebelum menjalankan jabatannya.

“Pengambilan sumpah bukan sekedar acara seremonial belaka, namun ada lafal sumpah yang diucapkan. Sumpah tersebut merupakan janji kepada Tuhan Yang Maha Esa yang harus dipenuhi terkait pelaksanaan tugas,” ujarnya.

Lebih lanjut Cahyo menjelaskan, baik notaris maupun notaris pengganti ketika menjalankan tugas dan jabatannya sangat penting untuk melaksanakan prinsip kehati-hatian dalam proses pembuatan akta autentik.

“Laksanakan prinsip kehati-hatian dalam proses pembuatan akta autentik mengingat seringnya terjadi permasalahan hukum terhadap akta autentik yang dibuat notaris karena terdapat pihak-pihak yang melakukan kejahatan seperti memberikan surat palsu dan keterangan palsu ke dalam akta yang dibuat notaris,” pesannya.

Dalam pelantikan kali ini, terdapat 2 orang yang disumpah kewarganegaraanya menjadi WNI, turut hadir Kepala Biro Hukum, Lilik Pudjiastuti; Ketua Pengwil INI Jatim, Siti Anggraeni Hapsari; dan Ketua MPNW Jatim, Mahmud Fauzi. (cat/mar)

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO