Jelang Musim Hujan, FPRB Kabupaten Kediri Lakukan ini

Jelang Musim Hujan, FPRB Kabupaten Kediri Lakukan ini Ketua FPRB Kabupaten Kediri, Ari Purnomo Adi (kanan), saat memimpin rapat koordinasi. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Forum Penanggulangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten menggelar rapat koordinasi dengan BPBD setempat untuk persiapan pembentukan dan pelatihan URC (unit reaksi cepat) penanggulangan bencana, Kamis (26/10/2023).

Ketua FPRB Kabupaten , Ari Purnomo Adi, mengatakan potensi bencana di Kabupaten cukup besar. Sebab, terdapat 3 gunung berapi, Yaitu Kelud, Anjasmoro, dan Wilis. Serta sungai besar, salah satunya adalah Sungai Brantas.

Karena itu, diperlukan langkah untuk segera membentuk URC kebencanaan sampai ke desa-desa. Terutama menjelang musim hujan.

"Ada 8 sektor URC yang akan dibentuk di wilayah Kabupaten . Misalnya di wilayah barat ada Gunung Wilis, maka wilayah Kecamatan Banyakan, Grogol, dan Tarokan dibentuk URC sendiri. Begitu juga dengan Kecamatan Semen dan Mojo," ujarnya.

Sedangkan di wilayah timur meliputi Kecamatan Wates, Ngancar, Puncu, dan Plosoklaten akan dibentuk URC sendiri karena ada Gunung Kelud dan Anjasmoro. Termasuk di Kecamatan Kandangan, Pare, Kunjang, dan yang lainnya.

Staf Seksi Pencegahan dan Kesiapansiagaan BPBD Kabupaten , Dadik Raharja, menyatakan pihaknya siap memfasilitasi dan memberikan ruang kepada FPRB Kabupaten untuk membuat kegiatan, termasuk untuk membentuk URC.

Ia menjelaskan, saat ini memang sudah ada (tim siaga bencana desa) bentukan BPBD. Untuk itu, URC kebencanaan yang akan dibentuk FPRB dapat bersinergi dan terus berkoordinasi ketika di lapangan.

"Kita akui untuk membuka jejaring kebencanaan sampai desa memang agak kesulitan. Sehingga dengan rencana FPRB Kabupaten yang akan membentuk URC akan sangat membantu dan Pemkab dalam hal ini BPBD Kabupaten siap mensuport dan memfasilitasi," paparnya.

Menyinggung akan datangnya musim hujan yang berpotensi menimbulkan bencana alam seperti longsor, banjir, dan krisis air bersih, Dadik menyebut BPBD telah melakukan mitigasi bencana di wilayah potensi bencana.

“Untuk wilayah Kabupaten , kita terus melakukan mitigasi terhadap daerah-daerah yang rawan terhadap banjir dan longsor. Bersama tim siaga bencana desa (), masing-masing desa yang terus up-date perkembangan wilayah masing-masing,” pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO