Air Sumur Warga Tempurejo Tercemar BBM dari SPBU Tempurejo?

Air Sumur Warga Tempurejo Tercemar BBM dari SPBU Tempurejo? Sulastri, warga RT 5 RW 2 Kelurahan Tempurejo saat menunjukkan air sumur miliknya yang diduga tercemar BBM. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pada Rabu (13/2023) lalu, tim dari Kantor Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur telah mengambil sampel air sumur yang diduga tercemar di RT 5 RW 2 Lingkungan Kresek Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.

Selanjutnya, sampel air yang diambil dari beberapa sumur warga tersebut akan dilakukan uji di laboratorium. Dikabarkan bahwa Dinas ESDM Jatim telah rampung menganalisa sampel air sumur warga tersebut. Hasilnya, air sumur warga dipastikan telah tercampur BBM yang bocor dari tandon SPBU sekitar.

Atas kabar tersebut, Section Head Communication Relation Patra Niaga Jatimbalinus, Taufiq Kurniawan, mengatakan bahwa pihak Pertamina tidak dalam posisi menanggapi statement itu.

"Jadi, monggo ditanyakan sendiri kepada dinas ESDM. Setahu kami, dinas ESDM (waktu itu) hanya berkunjung saja, tidak meneliti maupun menerjunkan tim peneliti," kata Taufiq melalui pesan suara kepada awak media, Selasa (19/9/2023).

Menurut dia, Pertamina bersama warga Tempurejo dan juga Wali Kota Kediri telah sepakat untuk menunggu hasil laboratorium resmi untuk bisa menunjukan kasus ini secara terang benderang. Hal itu juga sudah tertuang dalam berita acara.

"Mengenai adanya pihak pihak lain yang berpendapat dan tidak menyertai hasil lab atau hasil penelitiannya, silakan ditanyakan untuk bisa diuji bersama sama," imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO