Kembangkan Sekolah Digital, K3S Sumenep Gelar Workshop Perpustakaan Digital

Kembangkan Sekolah Digital, K3S Sumenep Gelar Workshop Perpustakaan Digital Workshop perpustakaan digital yang digelar Disdik Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) bekerja sama dengan PT Erlangga menggelar Workshop Perpustakaan Digital untuk Sekolah Penggerak. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengembangkan sekolah digital.

"Dalam rangka untuk mengembangkan minat baca di era digital, serta literasi dalam meningkatkan kecerdasan pendidik dan tenaga didik perlu transformasi perpustakaan ke arah digitalisasi," kata Kabid Dikdas Disdik , Ardiansyah Ali Sochibi, Kamis (14/9/2023).

"Sebab, teknologi dan Informasi telah menjadi bagian tidak terpisahkan di kehidupan saat ini sehingga pengembangan perpustakaan bertujuan untuk mengembangkan minat dan gemar membaca," imbuhnya.

Menurut dia, perpustakaan digital membuka akses yang luas terhadap informasi sebagai sumber belajar yang berefek kepada kegiatan pembelajaran lebih efektif, karena itulah, sekolah penggerak mampu mengimplementasi perpustakaan ini.

“Adapun Sekolah Penggerak bisa menjadi contoh, bahkan mampu menggerakkan sekolah lain agar selalu update dan upgrade skillset, toolset untuk mewujudkan sekolah sesuai tuntutan zaman,” tuturnya.

Ia berharap sekolah penggerak melakukan evaluasi berkala terhadap penerapan perpustakaan digital untuk mengetahui perkembangannya. Bahkan, Disdik berencana mem-follow up progres perpustakaan digital dua bulan lagi.

“Selain yang demikian, Dinas Pendidikan juga siap memfasilitasi Lapor BOS dalam bentuk digitalisasi yang pengembangannya melalui website yang bisa diakses sekolah secara langsung,” pungkasnya.

Peserta workshop perpustakaan digital untuk sekolah penggerak diikuti sebanyak 26 Kepala Sekolah Penggerak dan sebanyak 26 OPS jenjang Sekolah Dasar, dengan narasumber berasal dari Tim PT Erlangga. (aln/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO