Serahkan Bantuan Bedah Rumah dan Ternak di Situbondo, Baznas Harap Sinergi Elemen Masyarakat

Serahkan Bantuan Bedah Rumah dan Ternak di Situbondo, Baznas Harap Sinergi Elemen Masyarakat Pemberian bantuan secara simbolis diserahkan oleh Wakil Ketua II Baznas Jatim KH Ahsanul Haq kepada Ketua Baznas Situbondo H Abdullah Fathin, disaksikan Wakil Bupati Situbondo Hj Khoirani. Foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Timur (Jatim) menyerahkan bantuan Program Perbaikan Rumah Tinggal (Properti) kepada 10 warga di , Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo.

Wakil Ketua II Baznas Jatim KH Ahsanul Haq mengatakan bahwa penyerahan bantuan Properti bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Ulum pada Kamis (7/9/2023) lalu itu dilakukan bersama Baznas Kabupaten Situbondo.

"Baznas Provinsi Jawa Timur memiliki program bedah rumah, yakni Program Perbaikan Rumah Tinggal atau Properti dalam tahun ini menargetkan bisa merenovasi sebanyak 1.001 rumah secara merata di seluruh Jawa Timur," ujar Kiai Ahsan, sapaan KH Ahsanul Haq melalui keterangan tertulisnya yang diterima oleh BANGSAONLINE.com, Sabtu (9/9/2023).

Ia menerangkan bahwa untuk sementara ini, Kabupaten Situbondo mendapatkan bantuan bagi 10 rumah saja. Untuk selanjutnya, masih ada 10 rumah lagi yang akan mendapatkan bantuan dari program bedah rumah Baznas Jatim tersebut.

"Terkait daerah mana yang akan diberikan bantuan, saya menyerahkannya kepada Ketua Baznas Kabupaten Situbondo, karena beliau yang tahu kondisi di lapangan," terangnya.

Ahsanul menjelaskan, bantuan bedah rumah yang diberikan tersebut sebesar Rp 15 juta per rumah. Tentunya, ia berharap segenap elemen masyarakat bersinergi dalam mendukung program tersebut. Mengingat alokasi anggaran yang diberikan untuk merenovasi rumah untuk menjadi layak huni sangat minim sekali.

"Terus terang, bantuan dari provinsi (Baznas Jatim) ini amat sangat kecil. Kalau ini mau dipakai untuk renovasi rumah tentu tidaklah cukup. Maka, harus ada kolaborasi dengan Baznas setempat. Kita juga butuh partisipasi dari aparatur desa, aparatur kecamatan, serta masyarakat sekitar," harapnya.

Ia menambahkan bahwa selain perbaikan rumah, Baznas Jatim juga menyerahkan sebanyak 41 ekor domba kepada 10 orang mustahik. Harapannya, ternak kambingnya bisa berkembang biak sehingga bisa meningkatkan ekonomi warga yang kurang mampu tersebut.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO