Maju Pileg 2024, Mantan Pengurus PWI Kediri ini Dorong Pelaku UMKM Promosi Kreatif

Maju Pileg 2024, Mantan Pengurus PWI Kediri ini Dorong Pelaku UMKM Promosi Kreatif Yacop Bastian (kanan) bersama salah satu peserta macing bareng. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Hidup adalah pilihan, begitu juga yang dilakukan oleh Yacob Bastian, warga Dusun Ngrancangan, Desa Wonojoyo, Kecamatan Gurah, Kabupaten . Pria yang sebelumnya merupakan seorang wartawan senior di sebuah televisi swasta dan salah satu pengurus itu harus memilih jalan hidupnya.

Kini, dia akan maju sebagai calon anggota DPRD Kabupaten dan harus meninggalkan dunia jurnalis yang dicintainya serta telah membesarkan namanya. Dia maju menjadi anggota dewan melalui NasDem.

Kepada awak media, Yacob mengatakan bahwa salah satu program yang akan diusungnya bila kelak terpilih menjadi anggota dewan adalah memajukan pelaku di Kabupaten . Berbekal pengalamannya di industri media, dia ingin mendorong para pelaku untuk berkembang melalui promosi kreatif.

“Ada banyak yang menarik di Kabupaten , batik, tas anyaman plastik dan bambu di Kayen Kidul itu sudah ekspor. Tapi lainnya masih banyak, ada ampok (nasi jagung) instan, kerupuk jagung, macem-macem,” ujarnya bersama warga saat menggelar acara mancing bareng di Kecamatan Gurah, Kabupaten , Sabtu (26/8/2023).

Dia bakal berlaga di Dapil 1 Kabupaten , yang meliputi Kecamatan Gurah, Pagu, Ngasem, Gampengrejo, Papar dan Kayen Kidul. Jauh sebelum terjun di dunia politik, Yacob sudah malang melintang di dunia jurnalistik sejak 2004 silam dab aktif sebagai pengelola program di salah satu televisi lokal.

Selama berkecimpung di dunia kewartawanan , Yacob melihat bahwa di Bumi Panjalu ini sangat berkualitas. Beberapa produk mampu menembus ekspor, namun masih banyak mereka yang hanya berkutat di pasar lokal.

Yacob pun mendorong agar ini untuk bisa bersaing di pasar nasional melalui promosi-promosi kreatif sesuai market masa kini. Selain , Ia ingin mewujudkan ketahanan pangan dan pemenuhan gizi yang cukup di Kabupaten .

“Ketahanan pangan juga menjadi perhatian kita ya, terlebih di tengah ancaman badai El Nino, di beberapa wilayah juga kekeringan dan sebagainya, jadi ini upaya kita sebagai pribadi maupun nanti lembaga untuk mengedepankan ketahanan pangan,” terang pria yang juga Ketua Sentra Guppy itu.

Menurut penghobi ikan hias guppy itu, lele juga sangat baik untuk (mencegah) stunting, ini sesuai program pemerintah nasional dan daerah juga. Tak berhenti dalam lomba memancing lele, Yacob akan menggelar acara serupa di beberapa wilayah. Masyarakat sendiri cukup antusias dengan program ini. Ada sekitar 200 peserta turut meramaikan acara tersebut.

Banyak dari peserta yang bersyukur karena berhasil mendapatkan ikan yang banyak. Total, Yacob melepas 1,5 kwintal lele di saluran irigasi sepanjang 200 meteran tersebut. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO