YMFI Kediri Raih Juara 1 Tingkat Nasional

YMFI Kediri Raih Juara 1 Tingkat Nasional Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, saat menyerahkan penghargaan kepada Ketua Yayasan Masyarakat Ficus Indonesia Kediri, Ari Purnomo Adi. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Yayasan Masyarakat Ficus Indonesia (YMFI) Kabupaten meraih penghargaan Juara Terbaik 1 tingkat Nasional pada lomba Wana Lestari Tahun 2023 katagori Kelompok Pecinta Alam yang diadakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ().

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, kepada Ketua YMFI Kabupaten , Ari Purnomo Adi, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Dengan raihan tersebut, akhirnya mampu mempertahankan Provinsi Jawa Timur sebagai juara Umum lomba Wana Lestari Tingkat Nasional. Ari mengaku sangat bersyukur dengan apa yang berhasil diraih pihaknya, dan menyebutnya ialah milik anggota YMFI dan Aliansi Relawan Peduli Lingkungan .

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah ikut mensuport dan berkontribusi, sehingga Masyarakat Ficus Indonesia berhasil meraih juara pertama lomba Wana Lestari katagori Kelompok Pecinta Alam," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (17/8/2023).

Dengan raihan ini, ia dan kawan-kawan relawan di , semakin bersemangat dan semakin solid untuk ikut melestarikan hutan dan mata air yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Ari mengaku sangat bersyukur, berkat bisa memperoleh juara 1 tingkat Nasional pada lomba Wana Lestari katagori Kelompok Pecinta Alam ini, pihaknya diundang untuk mengikuti Sidang Umum MPR RI tanggal 16 Agustus 2023 secara langsung dan upacara detik-detik proklamasi di Istana Negara.

"Undangan ini, kami kira sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah terhadap sumbangsih masyarakat ficus dalam ikut menjaga, merawat, dan melestarikan alam," pungkas pria yang juga Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten itu.

Seperti pernah diberikan sebelumnya, Tim Penilai Lomba Wana Lestari Nasional tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan () melakukan penilaian (verifikasi) lapangan di Kabupaten untuk katagori kelompok pecinta alam (KPA), Jumat (24/7/2023).

Tim verifikasi dari tersebut melakukan penilaian terhadap tumbuhan jenis ficus di Pusat Ficus Nasional (PFN) yang berada di Buffer Zone Cagar Alam (CA) Manggis Gadungan, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten . (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO