Resolusi Jihad Meledak karena Hadratussyaikh Merintis dari Pengajian Keliling Kecamatan

Resolusi Jihad Meledak karena Hadratussyaikh Merintis dari Pengajian Keliling Kecamatan Andri, Ketua Pelaksana Peringatan Hari Santri Nasional. Foto: Mohammad Sulthon Neagara/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Peringatan (HSN) masih dua bulan lagi. Tepatnya 22 Oktober 2023. Tapi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya sudah melakukan persiapan. Dalam rapat PCNU tadi malam, Selasa (15/8/2023), Ketua PCNU Surabaya Habib Umarsyah menunjuk Andri sebagai ketua pelaksana HSN. Andri adalah pengurus Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LPBHNU).

Bahkan PCNU Surabaya tadi malam menggelar acara diskusi bertema “Orasi Kebangsaan: Kaum Santri Pengobar Api Revolusi, Penegak NKRI”. Dalam acara yang digelar di kantor PCNU Surabaya itu tampil sebagai narasumber seniman Riadi Ngasiran, Dr. Wasid, S.S., M.Fil.I. dan Rojil Nugroho Bayu Aji, S.Hum., M.A.

Dalam pidatonya, Andri menyampaikan bahwa malam ini adalah malam pembuka dimulainya rangkaian-rangkaian Tahun 2023.

“Untuk itu kami panitia mengajak rekan-rekan semua untuk turut berpartisipasi dalam mensukseskan acara ini,” kata Andri.

Andri menambahkan saat berkunjung ke Pesantren Tebuireng Jombang sempat bertemu dengan KH Abdul Hakim Mahfud (Gus Kikin), Pengasuh Pesantren Tebuireng .

Menurut Gus Kikin, meledak yang kemudian mengobarkan semangat rakyat Indonesia, khususnya para kiai dan santri, untuk bertempur melawan penjajah dalam peristiwa pertempuran 10 November Surabaya, karena Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari jauh sebelumnya bergerilya memberikan semangat kepada masyarakat lewat pengajian-pengajian dari kecamamtan ke kecamatan.

“Gus Kikin menceritakan banyak hal bahwa kejadian bukan sesuatu yang tanpa proses. Resolusi bisa meledak seperti itu melalui proses panjang yang dirintis oleh Hadratussyaikh, mulai dari pengajian-pengajian kecil keliling dari kecamatan ke kecamatan. Kemudian menanamkan santri-santrinya untuk menyebarkan hingga semua daerah-daerah itu berkumpul,” kata Andri.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO