Sambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-63, Kejari Kabupaten Kediri Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah

Sambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-63, Kejari Kabupaten Kediri Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Kasi Intel Kejari Kabupaten Kediri, Roni (berdiri belakang paling kanan), dan Tim Dewan Juri bersama lima peserta yang masuk final. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Jelang Peringatan ke -63 yang jatuh pada 22 Juli 2023, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten menggelar lomba karya tulis ilmiah tentang pemberantasan tindak pidana korupsi di SMK Negeri Ngasem, Selasa (18/7/2023).

Peserta lomba adalah para siswa baik SMA dan SMK se-Kabupaten . Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan para pelajar, khususnya tentang masalah pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Kasi Intelijen Kejari Kabupaten , Roni, mengatakan bahwa merupakan hari peringatan berdirinya Kejaksaan Republik Indonesia. diperingati setiap tahun pada 22 Juli dan pada tahun ini adalah HUT yang ke-63.

Ia menjelaskan, salah satu bentuk untuk memperingati HUT Kejaksaan RI ke -63 tersebut, pihaknya menggelar lomba karya tulis ilmiah dengan tema hukum yang tegas dan humanis.

Menurut Roni, peserta lomba adalah siswa-siswi SMA, SMK dan sederajat di Kabupaten . Pihaknya ingin adik-adik (SMA SMK dan sederajat) mulai paham dari sekarang apa itu korupsi.

"Tujuan digelarnya lomba ini, yang pertama adalah bahwa kita ingin mengenalkan bahwa Kejaksaan itu mempunyai kewenangan untuk memberantas korupsi. Yang kedua, kita juga pengen adik-adik mulai paham dari sekarang apa sih korupsi, sehingga dia akan terangsang lah, dia akan mencari tahu korupsi itu apa sih," paparnya.

Dengan demikian, lanjut dia, sehingga muncul pemikiran-pemikiran yang baru yang mungkin saat ini sempat tidak terpikirkan. Contohnya ada aplikasi kemudian bagaimana cara perbaiki sistem.

"Ini kan hal-hal yang muncul dari pemikiran-pemikiran generasi muda,"imbuhnya.

Roni menambahkan, untuk acara final ini diikuti 5 peserta dari 48 peserta yang sebelumnya ikut lomba. Sedangkan untuk pengumuman pemenang juara 1,2, 3 dan juara harapan, akan disampaikan saat puncak peringatan pada tanggal 22 Juli 2023 mendatang. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO