Disdik Tulungagung: Minat Masyarakat Menyekolahkan Anak ke SD Negeri Menurun

Disdik Tulungagung: Minat Masyarakat Menyekolahkan Anak ke SD Negeri Menurun Sekretaris Disdik Tulungagung, Syaifudin Juhri.

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Minat masyarakat untuk menyekolahkan anak ke SDN di semakin menurun, seiring berkembangnya banyak lembaga pendidikan swasta. 

Berdasarkan pantauan BANGSAONLINE.com di Lapangan, lembaga pendidikan swasta ini cenderung diminati oleh keluarga yang berekonomi cukup atau sedang. Fenomena tersebut memunculkan pertanyaan, mengapa sekolah negeri menjadi kurang diminati oleh masyarakat.

Publik menilai, mutu sekolah dapat diukur sejauh mana sekolah tersebut dapat memberikan layanan yang memenuhi ekspektasi. Jika mutu sekolah bagus maka keinginan orang tua dipastikan lebih memilih lembaga pendidikan negeri. 

Sayangnya, beberapa sekolah negeri memiliki kecenderungan untuk tidak responsif pada orang tua murid yang dikecewakan, sehingga setiap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) diadakan, selalu sepi peminat.

Sekretaris Dinas Pendidikan , Syaifudin Juhri, mengaku tidak dapat berbuat banyak dengan keputusan orang tua yang memilih menyekolahkan anak di lembaga pendidikan swasta.

"Kita tidak dapat berbuat banyak, masalahnya komplek," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (2/5/2023)

Pihaknya menyebut, sekolah negeri di beberapa tempat mengalami penurunan jumlah murid dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun begitu, guru tetap akan mengajar dengan serius dan maksimal untuk siswa yang ada.

"Sekecil apapun minat dan meskipun muridnya sedikit, guru tetap akan mengajar dengan maksimal dan serius," tandasnya

Lihat juga video 'Pria di Tulungagung Pepet Perempuan Pengendara Motor Sambil Masturbasi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO