Bupati Hendy Ingin Kopi Robusta dari Jember Segera Maju dan Berkembang

Bupati Hendy Ingin Kopi Robusta dari Jember Segera Maju dan Berkembang Bupati Jember, Hendy Siswanto, bersama wakilnya saat mencicipi kopi robusta asli Kota Suwar-Suwir.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Bupati , Hendy Siswanto, ingin agar kopi robusta dari wilayahnya segera maju dan berkembang. Oleh sebab itu, langkah awal yang dilakukan Pemkab ialah pengenalan seluas-luasnya. 

Dengan klaim sebagai kopi robusta terbaik dan dicanangkan sejak 1 Oktober 2021, Hendy ingin agar kopi robusta asli bisa masuk dan menguasai di kancah ekspor. Sehingga, pihaknya saat ini tengah merancang sebuah cara dari hunlu hingga hilir agar kopi dari dapat memiliki nilai tambah, dan menjadikannya benar-benar unggul.

"Ada beberapa langkah yang harus dilakukan demi memaksimalkan ekspor kopi," ujarnya saat ditemui di pendopo kabupaten beberapa waktu lalu dan ditulis hari ini, Jumat (24/2/2023).

Pemkab , kata Hendy, berencana menggandeng PT Sari Makmur Tunggal Mandiri, salah satu perusahaan eksportir kopi di Kota Suwar-Suwir.  Dengan demikian, ia ingin agar para petani dapat difasilitasi oleh perusahaan terkait kebutuhan budidaya kopi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Harus ada sertifikasi kualitas kopi yang berstandar internasional. Selain itu, juga diperlukan pelatihan-pelatihan khusus bagi petani untuk meningkatkan kualitas kopi. Pangsa pasar sudah jelas, dengan penduduk 2,6 juta jiwa, ini sudah market yang luar biasa. Ayo kita berkolaborasi bersama, sehingga tahun 2023 petani kopi dapat lebih maju lagi," paparnya. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO