Petrokimia Gresik Bangun TPQ dan Musala untuk Korban Erupsi Gunung Semeru di Lumajang

Petrokimia Gresik Bangun TPQ dan Musala untuk Korban Erupsi Gunung Semeru di Lumajang Ketua UPZ Baznas Petrokimia Gresik, Yusuf Wibisono, saat meresmikan Musala An Nur di Dusun Sidorejo, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Foto: Ist

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - UPZ Baznas membangun Taman Pendidikan Quran (TPQ) dan Musala An Nur, di Dusun Sidorejo, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro,

Dua bangunan yang telah berdiri sempurna itu dresmikan oleh Ketua UPZ Baznas , Yusuf Wibisono, mewakili Direktur Utama , Dwi Satriyo Annurogo. Ia mengatakan bahwa TPQ dan Musala An Nur merupakan salah satu bentuk dukungan perusahaan terhadap program pemulihan korban erupsi Gunung .

"Saat ini, para korban erupsi Gunung sudah mulai menempati hunian tetap yang dibangun pemerintah. Dalam kawasan relokasi itu sebenarnya sudah dilengkapi sarana ibadah. Tapi, karena jumlah korban ribuan, tentu mereka membutuhkan lebih banyak lagi fasilitas," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Rabu (25/1/2023)

"Musala ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami untuk para korban, disamping bisa dimanfaatkan juga oleh anak-anak lainnya yang ada di Desa Sumbermujur," tuturnya menambahkan.

Dwi menjelaskan, dalam pembangunannya bersinergi dengan Pemerintah Desa Sumbermujur, sehingga bantuan yang disalurkan tepat sasaran. Adapun nilai bantuan musala yang disalurkan senilai Rp124 juta.

"Musala tersebut sebenarnya sudah ada sebelumnya. Tapi bangunannya sudah rapuh, bagian atap sudah lapuk dan bocor, plafon sudah banyak yang anjlok, jadi tidak aman dipakai. Berdasarkan diskusi dengan Pemerintah Desa, maka diputuskan untuk membangun kembali musala tersebut. Alhamdulillah sekarang sudah bisa dimanfaatkan," paparnya.

TPQ dan Musala An Nur sebelumnya sudah aktif dimanfaatkan oleh warga, mulai dari salat berjamaah dan menjadi tempat belajar mengaji Quran bagi 40 anak di sekitarnya. Saat ini Pemdes Sumbermujur juga telah membantu sosialisasi kepada para korban penghuni huntap agar anak-anak mereka bisa menempuh pendidikan agama di Musala An Nur.

"Meskipun Sumbermujur jauh dari wilayah operasional kami, bantuan ini merupakan wujud kepedulian yang merupakan Koordinator Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur, sekaligus anggota holding dari Pupuk Indonesia. Semoga dengan berbagai bantuan kepedulian yang diberikan bisa mempercepat pemulihan para korban dan kembali seperti sedia kala," pungkasnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO