​Terima Tahanan Hamil 29 Minggu, Rutan Perempuan Surabaya Berikan Perhatian Ekstra

​Terima Tahanan Hamil 29 Minggu, Rutan Perempuan Surabaya Berikan Perhatian Ekstra DAS, tahanan yang sedang hamil saat menjalani pemeriksaan kesehatan.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Rutan Perempuan Surabaya menerima pelimpahan sebanyak 5 tahanan dan 7 narapidana dari , Rabu (11/1/2023) pagi. Dari belasan orang tersebut, salah satunya adalah perempuan yang tengah hamil 29 minggu.

Imam Jauhari, Kakanwil Kemenkumham Jatim, mengungkapkan tahanan yang sedang hamil itu berinisial DAS. Pelimpahan perempuan berusia 30 tahun itu dilakukan dengan pengawalan petugas dari . Kemudian diserahterimakan kepada petugas Subsi Pelayanan Tahanan.

“Sesuai SOP yang berlaku, DAS harus diperiksa di klinik rutan terlebih dahulu mengingat kekhususan kondisi yang dialaminya,” lanjut Imam.

Sementara Kepala Amiek Diyah Ambarwati memastikan tidak ada perlakuan khusus terhadap tahanan yang sedang hamil. Menurutnya, DAS tetap akan mengikuti program masa pengenalan lingkungan (mapenaling) meski sedang hamil tua.

“DAS tetap di sel mapenaling terlebih dahulu selama 2 pekan ke depan untuk penyesuaian lingkungan,” terang Amiek.

Hanya saja, DAS bakal mendapatkan perhatian ekstra berupa pengecekan setiap hari oleh bidan rutan. Selain fisik, kondisi psikis DAS juga akan terus diperhatikan.

“Kami berharap, di kehamilannya yang ke-3 ini, DAS dan janinnya lebih siap dan sehat,” terangnya.

Tidak hanya itu, Amiek juga memastikan pihak rutan akan memperhatikan asupan nutrisi yang bersangkutan. Yakni dengan menyiapkan makanan sesuai standar ibu hamil. Termasuk menyiapkan persalinan.

“DAS terjerat tiga perkara berbeda 2, perkara pencurian dan 1 perkara penyalahgunaan narkoba. Jika ditotal hukumannya sekitar 7 tahun menjalani pembinaan di lapas, jadi kami harus siap-siap,” pungkasnya. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO