Dishub Kabupaten Pasuruan Siapkan Angkutan Gratis untuk Anak Sekolah Kurang Mampu

Dishub Kabupaten Pasuruan Siapkan Angkutan Gratis untuk Anak Sekolah Kurang Mampu Angkutan gratis untuk anak sekolah kurang mampu di Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten menyediakan fasilitas angkutan umum gratis bagi anak sekolah. Hal ini disampaikan Kepala Dishub Kabupaten , Agus Hari Wibawa, saat konferensi pers di Pendopo Kabupaten , Senin (26/12/2022).

"Mohon izin pak bupati, kami sekarang melaporkan bahwa Dishub Kabupaten sekarang menyediakan kendaraan angkut gratis untuk anak sekolah," ujarnya. 

Ia menjelaskan, angkutan itu disediakan khusus untuk anak sekolah yang kurang mampu di lingkup Dishub Kabupaten . Sementara ini, untuk anak sekolah kurang mampu berawal dari wilayah Timur, karena masyarakat di sana standar ekonominya lebih rendah dibandingkan dengan masyarakat Barat.

Adapun daftar sekolah yang dapat menikmati fasilitas gratis dari Dishub Kabupaten yakni, SMPN 2 Nguling, SMPN 1 Lekok, SMPN 1 Winongan, SMPN 1 Rejoso, SMPN 1 Gondang Wetan, MTsN Pohjentrek, dan SMPN 1 Kraton, dengan jumlah pelajar 640 siswa.

"Mereka semua rata-rata dari SMP dan MTs," kata Agus.

Menurutnya, ada 80 armada yang disediakan plus ongkos transportasi. Rinciannya, biaya untuk pulang-pergi para pelajar yakni Rp8 ribu per anak, yang dicairkan oleh pemerintah daerah setempat melalui rekening penyedia transportasi.

"Pencairan untuk ongkos tersebut dicairkan dua minggu sekali, atau seminggu sekali, nanti akan masuk lewat rekningnya mereka sendiri-sendiri," pungkasnya.

Angkutan gratis untuk para pelajar dari Dishub Kabupaten dalam rangka meringankan beban biaya anak sekolah dan meminimalisir kedisiplinan lalu lintas. Mengingat, pelajar SMP sederajat masih belum layak untuk memiliki SIM. (afa/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO