Anggota Komisi X DPR RI: Pendidikan Menjadi Hal yang Paling Utama dan Pertama di Negeri ini

Anggota Komisi X DPR RI: Pendidikan Menjadi Hal yang Paling Utama dan Pertama di Negeri ini Anggota Komisi X DPR RI, M. Nur Purnamasidi.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Anggota Komisi X , M. Nur Purnamasidi, mengatakan bahwa pendidikan merupakan sektor penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurut dia, hal tersebut adalah pondasi untuk mengangkat kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sehingga pemenuhan kebutuhan tekait harus terpenuhi dengan baik.

" ini menjadi satu hal yang paling utama dan pertama di negeri ini. Kalau kemudian sarana dan prasarana pendidikannya tidak memenuhi syarat, tentu akan berdampak pada tingkat pencapaian, tujuan pendidikan kita itu untuk meningkatkan SDM kita," ujarnya saat berada di , Senin (7/11/2022).

Selama ini, kata Nur, kendala utama ada pada bagaimana pemerintah daerah membuat perencanaan pembangunan pada pendidikan. Ia menganggap, setiap pemerintah daerah di kabupaten/kota harus dapat menyusun perencanaan yang terukur dan sistematis.

"Kalau urusan anggaran sudah tidak ada masalah. Berapa pun anggaran yang dibutuhkan, sekarang pusat punya uang. Dan berapa pun yang diusulkan oleh pemerintah daerah, selama itu dibutuhkan oleh daerah, maka pasti terpenuhi melalui transfer ke daerah," ungkapnya.

Ia menjelaskan, persoalan di daerah juga menyangkut pada komitmen pemerintah daerah setempat dalam membangun sektor pendidikan. Setiap daerah, tentu memiliki banyak macam prioritas pembangunannya dan sektor pendidikan kadangkala menjadi prioritas utama atau kesekian dari berbagai kebutuhan daerah.

"Menurut saya, harusnya kalau pemerintah daerah punya komitmen yang pertama dan utama untuk pendidikan, berapa besar anggaran untuk pendidikan? Dimunculkan di APBD, kalau itu paling besar, berarti komitmennya jelas terhadap pendidikan. Kalau itu dikalahkan oleh hal lain, berarti pendidikan bukan prioritas di daerah tersebut," pungkasnya. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO