Napak Tilas Sejarah Gerindra Jatim, Mulai Penjara Koblen hingga Kantor NU Surabaya

Napak Tilas Sejarah Gerindra Jatim, Mulai Penjara Koblen hingga Kantor NU Surabaya Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad, saat napak tilas di bangunan bekas Penjara Koblen, tempat K.H. Hasyim Asy'ari pernah ditahan. Foto: M DIDI ROSADI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - DPD Jawa Timur memilih napak tilas sejarah resolusi jihad dalam memperingati , Sabtu (22/10/2022). Napak tilas dimulai dari bangunan bekas hingga kantor PCNU Surabaya, yang dahulunya adalah kantor besar NU atau HBNO.

Ketua DPD Jatim, Anwar Sadad, mengatakan bahwa peringatan hari ini tidak lepas dari peristiwa resolusi jihad. Karena itulah, ditetapkan pada 22 Oktober yang bertepatan dengan dicetuskan fatwa resolusi jihad dari Hadratussyeikh K.H. Hasyim Asy'ari.

"Di penjara Koblen ini, KH Hasyim Asy'ari pernah ditahan selama 3 bulan. Beliau kemudian dibebaskan oleh Bung Tomo. Jadi ini tempat yang bersejarah," kata Wakil Ketua DPRD Jatim itu.

Dari , Anwar bersama pengurus DPD Jatim dan kader Surabaya melanjutkan napak tilas ke kantor PCNU Surabaya. Gedung PCNU Surabaya ini, dahulunya adalah kantor besar Nahdlatul Ulama.

Menurut Sadad, kantor NU Surabaya ini punya benang merah dengan resolusi jihad. Di kantor yang terletak di Jalan Bubutan VI Nomor II ini lah keputusan perang suci melawan sekutu dicetuskan.

"Di kantor ini lah, lahirnya keputusan perang suci atau resolusi jihad. Jadi penting kita napak tilas ke sini," ujar Sadad.

KH Achmad Muhibbin Zuhri, Ketua PCNU Surabaya menyambut baik kedatangan Anwar Sadad bersama puluhan kader dan pengurus partai berlambang garuda ini. Kedatangan para aktivis politik dalam menapaktilasi sejarah resolusi jihad ini sangat ia apresiasi.

Muhibbin menjelaskan, kantor PCNU Surabaya ini adalah situs sejarah yang patut dikunjungi untuk mereka yang ingin menginseminasi semangat perjuangan. Terutama di kalangan anak muda.

"Dari tempat ini lah dicetuskan resolusi jihad yang menghasilkan resonansi perlawan rakyat dalam melawan penjajah. Hingga lahirlah peristiwa monumental, perang 10 Nopember 1945 yang menjadi titik tolak eksistensi bangsa Indonesia di mata dunia internasional," pungkas Dosen Pascasarjana UINSA Surabaya tersebut. (mdr/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO