Hadapi Bencana Hidrometeorologi, FPRB Kabupaten Kediri Usulkan Apel Gelar Siaga Relawan ke Bupati

Hadapi Bencana Hidrometeorologi, FPRB Kabupaten Kediri Usulkan Apel Gelar Siaga Relawan ke Bupati Ketua FPRB Kabupaten Kediri, Ari Purnomo Adi bersama Tim, saat cek aliran sungai di Kecamatan Kandangan beberapa waktu lalu. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE.com.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) Kabupaten mengusulkan beberapa langkah kepada Bupati  untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana yang terjadi akhir-akhir ini.

Ketua FPRB Kabupaten , Ari Purnomo Adi mengatakan bencana adalah bencana yang dampaknya dipicu oleh kondisi cuaca dan iklim dengan berbagai parameter. Yaitu peningkatan curah hujan, penurunan curah hujan, suhu ekstrem, cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang disertai angin kencang, serta kilat atau petir, dan lain sebagainya.

"Akhir-akhir ini, banyak kejadian bencana di beberapa wilayah Jawa Timur seperti banjir, pergerakan tanah (longsor) dan angin puting beliung yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan infrastruktur yang sangat besar serta mengancam kehidupan dan penghidupan masyarakat," katanya, Selasa (18/10/2022).

Sehubungan dengan hal tersebut, FPRB Kabupaten mengusulkan kepada Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, untuk mengambil langkah-langkah strategis yang terukur dan terkontrol. Tujuannya, meningkatkan daya dukung lingkungan dan kapasitas masyarakat sehingga mengurangi indeks kerentanan Kabupaten terhadap bencana.

Menurut Ari, usulan FPRB Kabupaten tersebut adalah koordinasi lintas sektor dan lintas wilayah untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Serta membuat rencana kontinjensi dalam menghadapi ancaman bencana .

Setelah mengoptimalkan peran tim siaga bencana desa dan tim siaga bencana kecamatan dalam memantau wilayah masing-masing, pihaknya juga akan membentuk posko siaga bencana di wilayah rawan bencana dan membentuk posko siaga bencana kabupaten yang siap siaga 24 jam.

"Dalam waktu dekat ini diharapkan bisa melaksanakan apel siaga relawan untuk menginventarisasi dan memobilisasi potensi relawan kebencanaan, relawan lingkungan, dan relawan kemanusiaan yang ada di Kabupaten ," imbuh Ari.

Ia mengatakan usulan tersebut sudah dikirimkan kepada Dhito, sapaan akrab Bupati , dengan tembusan kepada Ketua DPRD Kabupaten , kepala DPUPR, kepala dinas sosial, kepala dinas perkim, kepala dinas kesehatan, dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten .

"Kami berharap, usulan tersebut bisa diterima Mas Dhito dan segera ditindaklanjuti. Kami para relawan siap mendukung kebijakan Pemerintah dalam menghadapi bencana ini," tegasnya. (uji/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO