Kenang Jasa Para Pahlawan, Wali Kota Gus Ipul Pimpin Apel Kehormatan dan Bacakan Renungan Suci

Kenang Jasa Para Pahlawan, Wali Kota Gus Ipul Pimpin Apel Kehormatan dan Bacakan Renungan Suci Wali Kota dan Wawali Pasuruan foto bersama Forkopimda Kota Pasuruan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke-77, jajaran Pemkot Pasuruan beserta Polres Pasuruan Kota dan melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci untuk mengenang jasa pahlawan pada Selasa, 16 Agustus 2022 pukul 23.45 WIB di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Pasuruan.

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) selaku Inspektur Apel membacakan Teks Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang isinya dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77.

"Kami yang hadir pada hari ini tanggal 17 Agustus 2022 pukul 00.00 WIB pada apel mengenang arwah dan jasa para Pahlawan Kota Pasuruan yang telah bersemayam di makam ini jumlahnya, satu, TNI-Polri 182 pahlawan, dua, pejuang rakyat 31 pahlawan, tiga, pahlawan tak dikenal 41 pahlawan," ucapnya.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam terhadap perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan bagi kami juga," sambungnya.

"Kami berdoa semoga arwah para pahlawan senantiasa di terima oleh Tuhan Yang Maha Esa, ditempatkan yang sebaik-baiknya," tutup Gus Ipul membacakan renungan suci.

(Gus Ipul saat membacakan Renungan Suci di bawah penerangan obor)

Apel kehormatan dan renungan suci yang dihadiri oleh Kapolresta Pasuruan Kota, Wakil Walikota Pasuruan, Sekretaris Daerah, Dandim 0819, Forkopimda, dan kepala Perangkat Daerah itu berlangsung khidmat.

Suasana penuh kesakralan mewarnai apel kehormatan dan renungan suci yang merupakan rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, sebagai bentuk penghormatan kepada arwah para pejuang yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan dari penjajah.

Apel Kehormatan dan renungan suci diawali dengan persiapan anggota prajurit, penyalaan obor oleh Pramuka, mengheningkan cipta, penyalaan lilin oleh petugas, pembacaan doa, penghormatan arwah para pahlawan, dan diakhiri dengan laporan komandan apel kepada inspektur apel. (par/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO