Terima 16.400 Dosis Vaksin PMK, Bupati Kediri Percepat Vaksinasi Hewan Ternak

Terima 16.400 Dosis Vaksin PMK, Bupati Kediri Percepat Vaksinasi Hewan Ternak Petugas saat melakukan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Vaksinasi penyakit mulut dan kuku () pada hewan ternak di Kabupaten dipercepat menyusul penyebarannya yang merambah 140 desa yang ada di 26 kecamatan.

"Sebanyak 16.400 dosis vaksin telah kita terima, pelaksanaan vaksinasi sudah kita mulai dan kita harapkan sebelum lebaran Idul Adha semua telah selesai," kata Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, Kamis (30/6/2020).

Menurut dia, kasus di Kabupaten telah menyebar di seluruh kecamatan. Selain giat vaksinasi, Dhito meminta pengobatan ternak yang terinfeksi termasuk monitoring perkembangan kondisi kesehatannya tetap diutamakan.

Ia menyebut, daerah yang masuk prioritas vaksinasi yakni desa yang minim penyebaran dan masuk kategori desa hijau.

Secara detail, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten , Tutik Purwaningsih, mengatakan bahwa desa yang masuk kategori hijau saat ini berjumlah 204 desa.

Populasi ternak di desa kategori hijau itu menjadi prioritas karena selain meminimalisir penyebaran sekaligus meminimalisir risiko bilamana terdapat efek samping dari vaksin. Hewan yang mendapatkan vaksin pun hewan yang benar-benar sehat.

"Sesuai dengan SOP hewan yang pernah terkena tidak wajib untuk divaksin," kata Tutik.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO