PKSM Arek Lancor dan UPT PTH Dishut Jatim Survei Calon Lahan di Pamekasan

PKSM Arek Lancor dan UPT PTH Dishut Jatim Survei Calon Lahan di Pamekasan Tim UPT PTH Dinas Kehutanan Jatim yang didampingi oleh Tim PKSM Arek Lancor melakukan survei calon lahan sumber benih khusus untuk tanaman Acacia Auri.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Tim UPT Perbenihan Tanaman Hutan (PTH) Dinas Kehutanan Jawa Timur (Jatim) yang didampingi Tim PKSM arek lancor melakukan survei calon lahan sumber benih khusus untuk tanaman yang berada di Kecamatan Pakong dan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Jumat (1/4/2022).

Kebutuhan terhadap benih berkualitas dan baik menjadi salah satu perhatian berbagai kelompok tani hutan dan stakeholeder perhutanan di Jawa timur, khususnya Madura.  melakukan inovasi dan kreativitas dengan menyediakan lahan sumber benih yang berada di dua kecamatan itu.

Ketua ,, mengatakan bahwa pihaknya bersama tim khusus itu mendatangi lokasi calon lahan sumber benih yang berada di Dusun Sumber, Desa Pakong Kecamatan Pakong. Di sana terdapat setidaknya 27 pohon akasia yang diproyeksikan menjadi sumber benih yang sekomplek.

Lalu, tim bergeser ke lokasi lahan calon pohon sumber benih Acacia yang berada di Desa Tebbul Timur, Kecamatan Pegantenan. Pada tempat itu sudah diproyeksikan ada sekitar 57 pohon namun yang terverifikasi 35 pohon Acacia berkualitas dan baik untuk digunakan benih dengan standar bersertifikat ke depannya.

"Alhamdulillah, kami mulai berinovasi untuk mewujudkan lahan sumber benih satu satunya di Madura. Semoga ini akan bermanfaat dalam pemenuhan bibit akasia berkualitas bagi masyarakat dan pembangunan kehutanan," kata Azis.

Sementara itu, menurut Kepala , Sapto Yuwono, keberhasilan pelaksanaan rehabilitasi sangat dipengaruhi oleh penggunaan benih dan bibit tanaman yang jelas mutunya. Nah, itu ditunjukkan dengan adanya sertifikat mutu benih dan bibit yang berasal dari sumber benih bersertifikat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO