Jumat, 29 Mei 2020 07:11

DPRD Gresik Plin-Plan, Dulu Setuju Pembangunan GOR Menganti, Kini Menolak

Sabtu, 11 April 2015 03:24 WIB
Editor: Revol
Wartawan: Syuhud

GRESIK (BANGSAONLINE.com) - DPRD Gresik plin-plan dalam mengambil keputusan soal pembangunan GOR (gedung olahraga) di Desa Mojotengah Kecamatan Menganti dengan anggaran Rp 5 miliar dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Gresik tahun 2015. Betapa tidak, dulu mayoritas anggota DPRD Gresik, baik melalui Musrenbang (musyawarah rencana pembangunan) maupun pembahasan RAPBD (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun 2015, menyetujui pembangunan sarana olahraga tersebut. Namun, sekarang DPRD Gresik, terlebih Komisi C yang membidangi pembangunan menolak keberadaan GOR tersebut. Ada apa dengan sejumlah anggota DPRD Gresik? 

Menurut Kepala DPU (Dinas Pekerjaan Umum) Pemkab Gresik, Ir Bambang Isdianto MM, pembangunan GOR di Desa Mojotengah Kecamatan Menganti, tidak serta merta muncul begitu saja. Namun, membutuhkan proses panjang. Dimana, rencana pembangunan GOR untuk memfasilitasi sarana olahraga masyarakat di Gresik selatan tersebut melalui berbagai tahap.

Tapah awal, lanjut Bambang, rencana pembangunan GOR tersebut dibahas bersama-sama antara DPRD dan Pemkab Gresik dalam Musrenbang (musyawarah rencana pembangunan). Dimana, ketika itu semua anggota DPRD tidak satu pun yang memersoalkan pembangunan GOR di Desa Mojotengah Kecamatan Menganti.

Kemudian, rencana itu ditindaklanjuti dalam RKPD (rencana kegiatan pemerintah daerah). Dalam pembahasan RKPD itu tidak satu pun anggota DPRD yang memersoalkan rencana pembangunan GOR. Untuk itu, Pemkab Gresik menganggap tidak ada persoalan. Karenanya, pembangunan GOR bisa dilaksanakan.

Setelah itu, rencana pembangunan GOR di Desa Mojotengah Kecamatan Menganti tersebut, berlanjut dibahas lebih detil dalam pembahasan RAPBD (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tahun 2015. Pembahasan RAPBD yang melibatkan Timang (tim anggaran) Pemkab Gresik dan Banggar (badan anggaran) DPRD itu juga tidak pernah memersoalkan pembangunan GOR hingga pembahasan RAPBD mencapai finalisasi anggaran sampai RAPBD 2015 disahkan dalam rapat paripurna, sehingga menjadi Perda (peraturan daerah) APBD 2015. "Tidak ada yang memprotes, bahkan ketika pandangan fraksi pun tidak ada yang protes," terang Bambang.

Namun anehnya, Komisi C DPRD Gresik yang kebanyakan anggotanya masuk di jajaran Banggar memersoalkan pembangunan GOR di Desa Mojotengah Kecamatan Menganti. Mereka meminta pembangunan GOR itu ditunda, bahkan dibatalkan, karena dianggap tidak urgen (mendesak). "Kami pada prinsipnya mengikuti maunya DPRD," katanya.

Kalau DPRD Gresik menghendaki pembangunan GOR itu dibatalkan, Pemkab Gresik meminta DPRD Gresik membuat rekomendasi resmi secara kelembagaan. Namun, hingga sekarang DPRD Gresik belum kunjung mengirimkan rekomendasi dimaksud. "Kami meminta DPRD membuat rekomendasi resmi untuk pijakan kami membatalkan pembangunan GOR," pintanya.

Bambang menambahkan, GOR di Desa Mojotengah Kecamatan Menganti, akan dibangun di atas lahan TN (tanah negara) seluas 1 hektar (10.000 m2). TN itu sudah dimohon oleh Pemkab Gresik. GOR Menganti nantinya dibangun tidak berbeda jauh dengan sarana olahraga di Alun-Alun Sidayu. GOR itu akan digunakan pertandingan yang sifatnya indoor, seperti bulu tangkis, tenis meja, dan futsal. "Kapasitasnya 1.000 penonton," pungkasnya.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...