Satu Tahun Dhito Jabat Bupati Kediri, ini Realisasi Janji Politiknya

Satu Tahun Dhito Jabat Bupati Kediri, ini Realisasi Janji Politiknya Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat blusukan ke tempat galian C di Kecamatan Banyakan, beberapa waktu lalu. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Hari ini, 26 Februari 2022, tepat satu tahun Bupati memimpin Kabupaten Kediri. Menjabat di tengah kondisi pandemi, menjadi tantangan bagi kepala daerah baru dalam mengelola pemerintahan, menjalankan program pembangunan, termasuk realisasi janji politik.

Pun begitu, bupati 29 tahun itu berusaha melewati situasi itu. Satu per satu janji politiknya mulai terealisasikan. Dimulai dari penguatan sumber daya manusia (SDM) sampai pembangunan infrastruktur dan sarana pendukung untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Di antaranya program bisyaroh, salah satu bentuk bantuan insentif yang diberikan kepada guru agama nonformal seperti guru madin. Pemberian bisyaroh ini merupakan realisasi janji politiknya dan pertama kali dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri.

"Saya masih ingat betul ada satu hal pada saat saya kampanye yang itu menancap betul di kepala saya dan saya tidak akan pernah lupa. Karena ini sudah soal kesejahteraan orang-orang yang membangun moral bangsa ke depannya," kata bupati yang akrab disapa Dhito itu.

Selain guru agama nonformal, insentif diberikan pula untuk GTT/PTT mulai tingkat PAUD, SD, sampai SMP. Pemberian insentif itu bentuk komitmen Dhito untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kesejahteraan guru.

Di bidang seni budaya, Dhito membangun gedung kesenian dan kebudayaan di Desa Menang, Kecamatan Pagu, sebagai ruang berkreasi pelaku seni. Ia juga telah mengukuhkan pengurus Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri.

Keberadaan Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri itu diharapkan dapat menjadi pengayom bagi pegiat seni dan budaya. Selain itu, keberadaannya diharap dapat memberikan pertimbangan dalam perumusan kebijakan bidang kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Kediri.

Janji politik lain yang mulai direalisasikan terkait pengadaan mobil siaga bagi pemerintah desa. Akhir tahun 2021 pemerintah kabupaten mulai menyalurkan bantuan keuangan khusus (BKK) kepada pemerintah desa untuk kegiatan pengadaan mobil siaga ini.

"Dengan adanya mobil siaga ini diharapkan pelayanan kepada warga semakin baik. Terutama dalam mengakses layanan kesehatan, mobil siaga ini bisa digunakan untuk mengantarkan ke rumah sakit," terang Putra Menseskab Anung itu.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO