Jelang Imlek 2022, Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban Mulai Dipercantik

Jelang Imlek 2022, Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban Mulai Dipercantik Suasana Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Jelang perayaan tahun baru , (TITD) Tuban mulai bersolek. Pernak-pernik khas imlek mulai dipasang pada setiap sudut kelenteng.

Demisioner Ketua Pemilik Tuban, Alim Sugiantoro, mengatakan bahwa tahun ini jatuh pada sio macan air. Menurut perhitungan China, sio macan air dinilai sangat bagus karena air merupakan sumber kehidupan yang melambangkan rezeki dan macan melambangkan kepercayaan dan tanggung jawab.

"Tahun jatuh sio macan air, semoga semuanya diberikan kesehatan dan rezeki yang melimpah," ujarnya, Jumat (28/1).

Ia menambahkan, perayaan imlek kali ini masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebab, saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 dan membuat perayaan imlek dilakukan secara sederhana.

Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan pihak kelenteng. Mereka hanya membersihkan lokasi ibadah dan pemasangan sejumlah lampion.

"Karena masih Covid, jadi kita lakukan secara sederhana. Hanya sebatas, bersih-bersih tempat ibadah dan penggantian lampion," kata Alim.

Ratusan lampion akan dipasang pada setiap sudut kelenteng terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Ornamen khas warna merah itu adalah hasil sumbangan dari berbagai umat konghucu.

"Ada sebanyak 209 lampion yang akan kita pasang, semuanya sumbangan umat," tuturnya.

Selain itu, pihak kelenteng juga membagikan ratusan paket sembako yang diberikan kepada umat yang dinilai kurang mampu. 

"Tahun ini ada sekitar 200 paket yang kita bagikan agar mereka bisa merayakan imlek bersama keluarga di rumah," pungkasnya. (gun/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO