Permudah Lalu Lintas Perahu Nelayan Pasean, Perusahaan Rokok Bantu Pengerukan Terumbu Karang

Permudah Lalu Lintas Perahu Nelayan Pasean, Perusahaan Rokok Bantu Pengerukan Terumbu Karang Aktivitas ekskavator ketika mengeruk terumbu karang di area menuju muara nelayan di Pasean, Pamekasan, Madura.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Keluhan nelayan di Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, akan tingginya terumbu karang akhirnya terjawab. Sebuah Perusahaan Rokok Rato Ebuh, mengerahkan satu alat berat jenis , untuk melakukan pengerukan terumbu karang yang selama ini menghambat lalu lintas perahu nelayan dari pantai menuju ke muara sungai.

Tingginya terumbu karang di area bukan hanya menjadi kendala akses keluar masuk, melainkan juga mengakibatkan kerusakan yang fatal terhadap perahu nelayan.

"Setiap tahun pasti ada perahu yang mengalami kerusakan fatal akibat tersandung karang," kata Bambang Sutrisno, warga setempat, Kamis (20/01).

Menurutnya, kondisi tersebut sudah terjadi bertahun-tahun. Karena itu, ia bersyukur ada perusahaan yang bersedia memberikan bantuan pengerukan. "Alhamdulillah, karang mulai dikeruk untuk memudahkan lalu lintas perahu nelayan menuju muara," syukurnya.

Menurut Bambang, sebelumnya sudah banyak pihak yang meninjau lokasi tersebut. Mulai dari pemerintah kabupaten hingga gubenur. "Namun tidak ada kejelasan," katanya.

Adapun selama kegiatan, perusahaan menanggung biaya mobilisasi . Sedangkan untuk biaya BBM dan makan ditanggung oleh masyarakat sendiri dengan cara patungan

"Intinya mas kalau tidak ditanggung H. Taufiq Ratoh Ebuh, ini tidak akan terlaksana, Mobilisasi hingga ongkos ditanggung penuh oleh dia," jelasnya

Imam, salah seorang yang ditugaskan oleh PR Ratoh Ebuh di lokasi, mengatakan aktivitas tersebut diprediksi akan selesai kurang lebih 5 hari ke depan.

"Kendalanya hanya pasang surut air, sehingga urukan hanya bisa dikerjakan mulai dari jam 5 pagi hingga jam 10 siang," pungkasnya. (dim/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO