Rabu, 04 Agustus 2021 13:08

Puluhan Buruh Bengkel Mobil di Pasuruan Demo Tuntut THR Dicairkan

Senin, 07 Juni 2021 21:14 WIB
Editor: Tim

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah buruh bengkel mobil PT Livia Mandiri Sejati atau LMS di Kabupaten Pasuruan melakukan aksi unjuk rasa, Senin (76) pagi tadi.

Mereka menuntut uang tunjangan hari raya atau THR segera dicairkan, karena hingga saat ini belum diberikan oleh manajemen perusahaan.

Ada sekitar tiga puluh karyawan yang melakukan aksi unjuk rasa di depan pabrik tempat mereka bekerja, tepatnya di Desa Pleret Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan.

Para pengunjuk rasa yang tergabung dalam SBSI ini juga melakukan aksi teatrikal, mengkritik kebijakan perusahaan yang tak memberikan THR kepada 45 buruh bengkel mobil. Padahal, 45 orang karyawan tersebut rata-rata sudah bekerja mulai dari 10 hingga 15 tahun.

Wakil Ketua SBSI Kabupaten Pasuruan, Yoyok Aprilianto, mengatakan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan pihak perusahaan. Hasil pertemuan tersebut, pihak perusahaan memang tidak mau memberikan uang THR.

Sementara itu, pihak manajemen PT LMS menolak untuk memberikan keterangan kepada awak media, terkait tidak cairnya THR 45 karyawan.

Diketahui, sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016, THR wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada karyawan. Jika ada perusahaan yang dengan sengaja tidak memberikan uang THR, maka akan dikenakan sanksi, mulai dari sanksi denda, sanksi administratif, hingga sanksi pembetasan kegiatan usaha.

PT Livia Mandiri Sejati diketahui memiliki beberapa cabang usaha, di antaranya dua apotek kesehatan, satu depo air minum, serta satu bengkel tempat perbaikan kendaraan bermotor milik perusahaan. (tim)

VIDEO TERKAIT

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...