Bikin Kaget, Anakan Buaya Satu Meter Ditemukan Petani di Temayang Bojonegoro

Bikin Kaget, Anakan Buaya Satu Meter Ditemukan Petani di Temayang Bojonegoro Petugas Pos Damkar Kecamatan Temayang berhasil menangkap anakan buaya. (foto: ist)

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Seekor anakan buaya dengan panjang sekitar satu meter ditemukan petani di Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (24/3/2021) pagi. Penemuan buaya itu sontak menghebohkan warga sekitar.

Buaya air tawar itu diketahui warga sedang berenang di lahan pertanian yang baru saja ditanami padi pada pukul 06.02 WIB. Selanjutnya untuk menghindari hal buruk, warga melaporkan penemuan buaya itu ke petugas Pos Damkar Kecamatan Temayang.

"Damkar Pos Temayang menerima laporan dari warga. Satu jam kemudian anakan buaya itu berhasil ditangkap dengan alat bantu tali dan karung," ujar Kepala Dinas Damkar Bojonegoro Gunawan.

Menurut dia, anakan buaya itu berjenis crocodilus novaeguinae atau buaya air tawar. Dengan ditemukannya anakan buaya itu dia menduga ada indukan yang sedang bersembunyi di sungai sekitar wilayah Desa Jono dan sekitarnya.

"Kami amankan dan selanjutnya kami serahkan ke Kantor BKSDA Banjarsari Kecamatan Trucuk, Bojonegoro," katanya.

Penemuan anakan bayi ini baru kali pertama terjadi di desa setempat. Sejauh ini bahkan di wilayah Bojonegoro sangat jarang dijumpai buaya air tawar yang muncul maupun naik ke persawahan warga.

"Kami imbau kepada masyarakat apabila menemukan anakan lagi agar segera melapor ke petugas damkar," ujarnya menambahkan. (nur/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO