Buaya Berukuran Besar Gegerkan Warga Padangan Bojonegoro, BKSDA Turun Tangan

Buaya Berukuran Besar Gegerkan Warga Padangan Bojonegoro, BKSDA Turun Tangan Buaya berukuran besar yang gegerkan warga Desa Kebonagung, Kecamatan Padangan, Bojonegoro.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Kebonagung, Kecamatan Padangan, , belakangan ini dikejutkan dengan kemunculan seekor di Sungai Bengawan Solo. Beberapa kali sepanjang kurang lebih dua meter tersebut naik ke bibir bengawan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) , Ahmad Gunawan, membenarkan adanya laporan warga Desa Kebonagung terkait adanya seekor yang muncul akhir-akhir ini. 

"Buaya adalah hewan yang habitatnya di air, sehingga apabila ada terlihat di sungai, maka memang tempat itulah habitatnya. Masyarakat harus tahu jika memang habitatnya di air," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (13/12/2022).

Secara khusus, kata Gunawan, petugas telah mensosialisasikan kepada masyarakat Desa Kebonagung untuk terlebih dahulu melapor ke pihaknya jika melihat kemunculan . Hal yang sama juga disampaikan kepada camat yang daerahnya dilalui aliran Sungai Bengawan Solo agar menginformasikan prinsip habibat adalah di sungai kepada masyarakat.

"Apabila teridentifikasi naik ke daratan, maka selanjutnya akan dilakukan upaya penangkapan dan evakuasi. Siang tadi sempat muncul dan terekam kamera warga, saat ini kami sedang berada di lokasi bersama tim BKSDA untuk melakukan pemantauan," paparnya.

Damkarmat bekerja sama dengan tim BKSDA untuk melakukan penangkapan . Saat ini, tim gabungan tengah melakukan penyisiran di sekitar lokasi munculnya reptil berukuran besar itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BANGSAONLINE.com, sejumlah warga menyebut ada lebih dari satu ekor yang berada di sekitar Sungai Bengawan Solo yang mengaliri Desa Kebonagung. (nur/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO