Syafii Maarif Yakin Jokowi Tak Lantik BG, Meski Menang Praperadilan

Syafii Maarif Yakin Jokowi Tak Lantik BG, Meski Menang Praperadilan Foto: tempo.co.id

BangsaOnline-Ketua tim 9 ‎Syafii Maarif menanggapi putusan hakim tunggal PN Jaksel Sarpin Rizaldi yang mengabulkan permohonan prapradilan Komjen Budi Gunawan (BG). Syafii menyebut Presiden Jokowi tetap tidak akan melantik BG sebagai Kapolri.

"‎Intuisi saya mengatakan BG tidak akan dilantik," kata tokoh yang akrab disapa Buya Syafii Maarif kepada detikcom, Senin (16/2/2015).

‎Hal itu sebagaimana pernah disampaikan oleh Jokowi secara langsung melalui telepon kepada Buya Syafii yang tidak akan melantik sebagai Kapolri. Dengan demikian putusan PN Jaksel tidak berpengaruh pada keputusan Jokowi sebelumnya.

"Harus amat segera dicari calon kapolri baru," saran buya yang juga tokoh Muhammadiyah itu kepada Jokowi.

Sebelumnya, ‎hakim Sarpin membacakan ada 6 putusan atas permohonan prapradilan yang diajukan untuk menguji penetapan tersangka dirinya oleh KPK. Pertama, mengabulkan permohonan prapradilan .

Kedua, memutuskan surat perintah penyidikan untuk BG tidak sah. Ketiga, memutuskan penyidikan KPK terhadap BG juga tidak‎ sah dan tak mengikat. Keempat penetapan tersangka juga tidak sah. Kelima, seluruh penetapan KPK terkait BG juga tidak sah dan keenam, memutuskan tak ada biaya perkara untuk prapradilan ini.

Sumber: detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO