Resmi Kepala BIN, Budi Gunawan Berpangkat Jenderal, Siap Tingkatkan Kemampuan Intelijen

Resmi Kepala BIN, Budi Gunawan Berpangkat Jenderal, Siap Tingkatkan Kemampuan Intelijen Pengangkatan Budi Gunawan Menjadi Kepala BIN. Foto : repro okz.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Komisaris Jenderal Polisi resmi dilantik sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Dalam kesempatan tersebut, hadir para petinggi Polri dan jajaran menteri kabinet kerja. Di antara tamu undangan, tampak hadir pula Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri. Sementara itu, melalui keputusan Presiden RI Nomor 102/P/2016 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala BIN, Sutiyoso resmi berhenti dan digantikan .

"Mengangkat sebagai Kepala BIN dan kepada yang bersangkutan diberikan hak keuangan administrasi dan fasilitas lainnya," demikian bunyi surat keputusan yang dibacakan di Istana Negara, Jumat (9/9)

Pelantikan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) diketahui telah didahului oleh uji kepatutan dan kelayakan di DPR Rabu 7 September 2016. Lolosnya dalam fit and proper test disahkan dalam rapat paripurna DPR kemarin, Kamis 8 September 2016, dan langsung dilanjutkan dengan pelatikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan menjabatnya sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) secara otomatis menjadikan pangkatnya naik menjadi bintang empat atau jenderal. juga mengaku akan memprioritaskan penguatan BIN untuk meningkatkan profesionalitas.

"Ke depan, tentu ada beberapa program penguatan, kemampuan BIN agar makin professional, objektif, integritas. Itu perintah Bapak Presiden," kata di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sebagai lembaga intelijen, jelas dia, BIN terdiri dari sejumlah unsur. Antara lain TNI, Polri dan sipil. Selain itu, fungsi intelijen juga melekat pada hampir semua lembaga keamanan dan pertahanan. Karenanya, BIN bertugas untuk mengkoordinasikan semua kekuatan intelijen yang ada.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO