Bursa Calon Kapolri Memanas, Bamsoet Jagokan Budi Gunawan

Bursa Calon Kapolri Memanas, Bamsoet Jagokan Budi Gunawan Sejumlah pejabat negara menyaksikan langsung Presiden Joko Widodo melantik Irjen Pol Tito Karnavian dan Laksamana Muda Arie Soedewo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/3). foto: merdeka.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti resmi memasuki masa pensiun Juli mendatang. Jenderal bintang tiga itu dilantik menjadi Kapolri ketika kisruh antara dan KPK tengah meruncing, terutama terkait kasus dugaan korupsi yang dialamatkan ke Komjen Pol oleh lembaga anti rasuah itu.

Juli memang tinggal tersisa empat bulan, namun sejumlah nama disebut-sebut bakal menduduki jabatan di Tribrata satu sebutan lain untuk Kapolri. Sejumlah nama jenderal yang akan menggantikan Badrodin Haiti mulai ramai diperbincangkan publik.

Sejumlah nama jenderal polisi bintang tiga mulai masuk bursa calon Kapolri. Mulai dari , Budi Waseso, Putut Eko Bayuseno, Suhardi Alius, hingga Tito Karnavian yang baru saja ditunjuk sebagai Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), yang secara otomatis pangkatnya naik satu tingkat menjadi jenderal bintang tiga.

Selain lima nama jenderal di atas, ada dua nama lagi yang berpangkat Komjen Pol, yakni Kabaintelkam Komjen Pol Djoko Mukti dan Kabareskrim Komjen Pol Anang Iskandar. Namun kedua jenderal tersebut akan memasuki masa pensiun.

Kepala Kepolisian RI Jenderal Badrodin Haiti menyatakan belum mengetahui nama calon penggantinya. Pada Juli mendatang, Badrodin sudah memasuki masa pensiun.

"Saya belum berpikir ke arah sana," kata Badrodin di Kompleks Istana, Rabu (16/3).

Badrodin mengatakan hingga kini belum ada sidang dari Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi untuk menyaring calon Kapolri pengganti dia. Menurut dia, suatu saat akan ada proses dari Wanjakti untuk menyaring calon Kapolri. "Kalau sudah waktunya, kami akan Wanjakti. Sekarang kan belum," katanya.

Badrodin tidak menutup peluang Wakil Kepala Kepolisian Komisaris Jenderal menjadi calon Kapolri. Menurut dia, setiap perwira tinggi (pati) memiliki peluang menjadi calon Kapolri. "Semuanya bisa jadi calon, semua pati bisa jadi calon," katanya.

Sementara itu, respon sejumlah kalangan mulai bermunculan mengenai siapa yang bakal duduk sebagao Kepala .

Ketua Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, menilai Wakapolri Komjen berpeluang masuk dalam calon Kapolri untuk menggantikan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti yang masuk masa pensiun pada bulan Juli mendatang.

Sumber: merdeka.com/kompas.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO