Pilbup Sumenep 2015, PKB Siapkan Strategi, PPP Belum Ada Calon

SUMENEP (BangsaOnline) - Setelah Bupati Sumenep dikabarkan merapat ke Partai Golkar terkait Pilbup Sumenep 2015 yang semakin dekat ini, PPP belum menunjukkan tanda-tanda geliat politiknya. Partai yang berlambangkan ka’bah itu, hingga saat ini masih belum bisa memastikan siapa yang akan diusungnya dalam momentum pilkada mendatang.

Sebab, menurut Wakil ketua DPD PPP Sumenep Ahmad Salim, hingga saat ini belum ada rapat mengenai persoalan itu. Sehingga, dirinya tidak bisa menjelaskan figur yang akan diusung pada pesta demokrasi tingkat kabupaten tersebut.

”Selama ini belum ada pembicaraan di internal partai mengenai siapa yang akan diusung dalam pilbub mendatang,” katanya, saat ditemui di tempat kerjanya kemarin.

Dikatakan, dalam penentuan calon bupati PPP memiliki mekanisme sendiri. Penentuan itu dilakukan melalui rapat di internal partai. Salah satunya yakni melalui kesepakatan yang melibatkan pengurus anak cabang (PAC) di tingkat kecamatan. Setelah mendapatkan kesepakatan, maka dirinya masih akan melakukan istikhoroh. Sebab, jika keduanya itu sama dilakukan, diyakini akan menjadikan calon yang diusungnya benar-benar baik sesuai misi dan visi partai.

Kendati demikian, politisi asal kecamatan pragaan itu mengatakan, pihaknya dalam penentuan itu partai tetap memprioritaskan yang diusung adalah kader. Namun, dia tidak menampik jika dalam perkembangan lebih memilih figur dari luar. Dengan catatan setelah diusung harus siap menjadi kader partai.

”Kami tetap memprioritaskan kader partai untuk maju dalam pilbub tersebut. Tapi kalau memang kader partai tidak ada yang dinilai baik, ya terpaksa kita memilih yang lebih baik, sekalipun mengusung dari luar,” katanya.

Sementara partai kebangkitan bangsa (PKB) saat ini juga mulai menyusun strategi. Salah satu strateginya, dengan cara melakukan survei terhadap sejumlah nama yang layak diusung sebagai kandidat dalam Pilkada medatang.

Simak berita selengkapnya ...