Bupati Lamongan Sidak PLTS Tambakrigadung

Bupati Lamongan Sidak PLTS Tambakrigadung Bupati Lamongan, Fadeli mendapat penjelasan dari Kepala BLH, Sukiman soal mesin pemilah sampah dan mesin PLTS. Haris/BangsaOnline

LAMONGAN (BangsaOnline) - Timbunan sampah di Lamongan nampaknya bakal menjadi barang langka. Bahkan diprediksi Lamongan bakal kekurangan sampah.

Optimisme itu disampaikan Bupati Fadeli saat melihat uji coba pembangkit listrik tenaga sampah (PLTS) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tambakrigadung, Rabu (14/1). Dia juga berani mengklaim bahwa PLTS yang dimiliki Lamongan itu adalah yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

"Sepanjang pengetahuan saya, belum ada tempat lain di Indonesia yang memiliki PLTS. Sehingga Insya Allah PLTS ini adalah satu-satunya di Indonesia," ujar Fadeli.

Dia melanjutkan, pembangunan PLTS tersebut adalah bagian dari inovasi dan wujud nyata Lamongan sebagai Kota Adipura Kencana.

"Lamongan sebagai kota Adipura Kencana yang bersih dan hijau bukan hanya wacana. Pembangunan PLTS ini adalah wujud nyata dan inovasi yang kami ikhtiarkan," kata dia.

Fadeli dalam sidaknya didampingi Assisten Ekbang, M.Faiz menyebut PLTS itu nantinya memiliki berbagai kegunaan, bukan hanya sebagai penghasil tenaga listrik dari sampah. Namun juga sebagai pembuat pupuk dan bahkan uap hasil pembakarannya bisa digunakan untuk industri tahu tempe dan pemotongan ayam.

Simak berita selengkapnya ...