Wujudkan Perikanan Tangguh Lamongan 2021, Bupati Fadeli Tebar 90 Ribu Benih Ikan di Waduk Prijetan

Wujudkan Perikanan Tangguh Lamongan 2021, Bupati Fadeli Tebar 90 Ribu Benih Ikan di Waduk Prijetan Bupati Fadeli saat menebar benih ikan tombro dan tawes. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pertumbuhan ekonomi nasional selama pandemi Covid-19 ini mengalami penurunan, begitu juga Lamongan yang turun sebesar 1 persen. Perikanan merupakan salah satu bidang yang mampu terus bergerak dalam menyumbang surplus pada pertumbuhan ekonomi selain pertanian.

Bupati Lamongan Fadeli telah melakukan penyebaran benih ikan (restocking) di Waduk Prijetan dan UPT Perikanan Budi Daya Air Tawar/Air Payau di Desa Kalen, Kecamatan Kedungpring, Senin (8/2/2021) kemarin. Sebanyak 90 ribu benih ikan tombro dan tawes disebar di Waduk Prijetan seluas 231 hektare.

Menurut Bupati Lamongan, penaburan benih di tengah pandemi ini merupakan salah satu rangkaian ketangguhan-ketangguhan yang dilakukan di Lamongan, yakni .

Dia menyatakan bahwa pada masa pandemi, hanya sektor pertanianlah yang mampu menahan turunnya pertumbuhan ekonomi, menyumbang pertumbuhan positif 2,59 persen pada kuartal IV tahun 2020. Selain itu, petani/petambak/nelayan masih mampu menikmati hasilnya. Hal tersebut ditandai dengan nilai tukar petani yang cukup baik, yakni mencapai 104.

Fadeli mengungkapkan bahwa penebaran benih ikan ini dimaksudkan untuk membantu petambak Lamongan. “Dalam upaya peningkatan produksi ikan budi daya, hari ini kita menebar benih ikan yang berkualitas serta membantu petambak berupa benih tombro dan tawes sebanyak 95 ribu, serta 1.500 benih kakap putih,” terangnya.

Selain itu, Bupati Fadeli juga menyalurkan bantuan 11.750.000 benih udang vaname serta 2.000 kg pakan ikan dari Balai Perikanan Budi Daya Air Payau (BPBAP). Bantuan ini disalurkan kepada Pokdakan (Kelompok Pembudi Daya Ikan) Tambak Makmur Kelurahan Sukorejo Kecamatan Lamongan, Pokdakan Kolowatu Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng, dan Pokdakan Budi Luhur Desa Simbatan Kecamatan Sarirejo.

Bupati juga menyalurkan bantuan pakan mandiri kepada Pokdakan Sumber Makmur 1 Desa Morocalan Kecamatan Glagah, dan Pokdakan Mina Kawal Desa Wedoro Kecamatan Glagah. Serta menyalurkan benih kakap putih kepada Pokdakan Mina Surya Desa Bedingin Kecamatan Sugio.

“Pertanian dan perikanan kita ini luar biasa. Perlu kita kombinasikan dan kita maksimalkan agar dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Lamongan,” pungkas Fadeli.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Lamongan MS Heruwidi mengatakan, penebaran ikan kakap putih ini merupakan inovasi bagi Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan, karena merupakan variasi hasil produksi yang ke depannya diharapkan mampu memberikan manfaat besar bagi warga Lamongan.

“Nilai jual kakap putih ini sangat tinggi, yakni 50-70 ribu per kilogramnya. Ini inovasi yang bisa kita kembangkan di Lamongan, melihat nilai jualnya yang sangat tinggi, saya harap pembudidayaan secara khusus ini bisa efektif dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya, Selasa (9/2/2021). (qom/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO