Hujan Deras Tumbangkan Pohon dan Longsorkan Plengsengan di Desa Kalipang Kediri

Hujan Deras Tumbangkan Pohon dan Longsorkan Plengsengan di Desa Kalipang Kediri Kades Kalipang Antonius Supratiknya saat memimpin kerja bakti warga memperbaiki plengsengan yang longsor. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Hujan deras yang terjadi Sabtu (29/2) sore hingga malam, di lereng Wilis tepatnya di Desa Kalipang, Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri, mengikis tebing dan menumbangkan pohon mangga. Tumbangnya pohon menimpa menimpa kabel listrik sehingga membuat listrik di Desa Kalipang menjadi padam.

Selain merobohkan pohon, hujan deras juga menyebabkan longsor di pinggir kali Anak Hardisingat. Akibatnya plengsengan yang berada di selatan Balai Dusun Kalibago, longsor. Bahkan pondasi balai dusun terancam ambrol.

Kepala Dusun Kalibago, Desa Kalipang, Suyahman, menjelaskan bahwa hampir setiap hari daerahnya terus dilanda hujan deras. Puncaknya, hujan deras yang terjadi hari Sabtu (29/2), mulai jam 11 siang sampai malam, menyebabkan kali Anak Hardisingat, banjir.

"Banjir menggerus plengsengan Balai Dusun Kalibago, hingga lonsor," ungkap Suyahman, Minggu (1/3/2020).

(Petugas PLN sedang memperbaiki kabel listrik yang terputus)

Sementara itu, Kades Kalipang Antonius Supratiknya, saat memimpin kerja bakti warga untuk memperbaiki plengsengan yang lonsor, mengatakan bahwa plengsengan di Selatan Balai Dusun Kalibogo, longsor pada malam hari.

"Agar pondasi Balai Dusun tidak ikut ambrol, maka warga langsung kerja bakti dengan memasang bronjong bantuan dari Badan Penanggulangn Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri," kata Kades Kalipang.

Menurut kades, sebenarnya bronjong itu bantuan untuk bencana longsor sebelumnya. Tapi bisa digunakan dulu. "Untuk longsor kali ini, BPBD Kabupaten Kediri juga langsung turun mengecek di lapangan dan mendata kerusakan serta bantuan apa yang dibutuhkan," terang Kades Kalipang seraya mengatakan bahwa wilayahnya yang berada di lereng Wilis ini memang rawan longsor. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO