Curah Hujan Tinggi, Tanggul Sungai Konto Jebol, Jalur Kediri-Jombang Terendam Banjir

Curah Hujan Tinggi, Tanggul Sungai Konto Jebol, Jalur Kediri-Jombang Terendam Banjir Kondisi Jalan Raya Kediri - Jombang yang terendam banjir akibat tanggul Sungai Konto jebol. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Curah hujan yang tinggi sejak Selasa (28/2/2023) sore mengakibatkan arus di meluap. Akibatnya, tanggul yang berada di jalur - Kabupaten Jombang, tepatnya di , Kecamatan Purwoasri, Kabupaten , jebol karena tidak mampu menahan luapan air.

Pantauan Rabu (1/3/2023) siang, tanggul dan Jalan Raya jalur - Jombang terendam banjir sekitar 50 centimeter. Hal itu menyebabkan kendaraan yang melintas dari arah maupun Jombang tersendat. Kendaraan yang melintas harus secara bergiliran mengingat kondisi air yang mengalir deras.

Bahkan, beberapa sepeda motor yang nekat melintas harus berhenti karena mogok. Sedangkan yang lainnya terpaksa putar balik mencari jalur alternatif.

Sumarno (42), warga setempat menyampaikan banjir terjadi sejak Selasa (28/2/2023) malam karena curah hujan dan mengakibatkan tanggul sungai jebol.

"Tadi pagi ada mobil penggiling padi terguling dan terperosok, tapi itu sudah dikondisikan dan dievakuasi," kata Sumarno, Rabu (1/3/2023).

Sementara, Agus Tris Wahyudi, dari Unit Reaksi Cepat (URC) BPBD Kabupaten , mengatakan pihaknya telah menerima informasi terkait banjir di jalur - Jombang dan sudah berkoordinasi dengan pihak desa setempat.

"Penyebab tanggul jebol ini kemungkinan karena kondisi curah hujan cukup tinggi dan terus menerus. Tanggul tersebut sebenarnya sudah dibenahi sejak tahun lalu, yang mana titiknya masih sama," katanya.

Menurut Agus, saat ini BPBD bersama kepolisian, TNI, BBWS, BKSDA, pemerintah desa, maupun pihak terkait terus melakukan pemantauan perkembangan maupun antisipasi di lokasi banjir.

Ia mengimbau kepada masyarakat, khususnya pengendara, agar lebih hati-hati dengan cuaca ekstrem yang tidak dapat diprediksi ini. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO