FPRB Kediri Latih Murid SDN Jabon Penanganan Korban Bencana

FPRB Kediri Latih Murid SDN Jabon Penanganan Korban Bencana Tim FPRB Kabupaten Kediri saat menggelar simulasi bencana di hadapan murid SDN Jabon 2 Kecamatan Banyakan. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) Kabupaten Kediri menggelar pelatihan dan pengenalan tentang penanganan atau penanggulangan bencana pada puluhan murid , Kecamatan Banyakan, Sabtu (3/6/2023).

Tim yang terdiri dari empat personel yaitu Kamid sebagai koordinator, dibantu oleh anggotanya Mardianto, Solic, dan Samsul, dengan telaten dan sabar mengajarkan kepada murid , tentang cara penanganan bila terjadi bencana.

Kamid mengatakan bahwa pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas setiap murid dalam penanganan dan penanggulangan bencana secara mandiri.

"Dalam pelatihan tersebut, kami tim juga mengenalkan terkait bencana dan musibah, serta bagaimana cara penanganan bila bencana itu terjadi dengan cepat, tepat, dan akurat," katanya, Sabtu (3/6/2023).

Menurut Kamid, tim juga menggelar simulasi bencana sebagai salah satu bentuk kesiapsiagaan menghadapi potensi bahaya yang dapat berujung bencana seperti tanah longsor, banjir, ataupun gunung meletus.

"Dalam simulasi bencana ini, tim mengajarkan proses dan langkah-langkah kesiapsiagaan yang harus dilakukan bila terjadi bencana. Simulasi bencana itu sendiri bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat, khususnya adik-adik murid , tentang pentingnya kewaspadaan terhadap bencana," imbuh dia.

"Kami juga mengenalkan berbagai macam sampah organik dan non organik serta bagaimana cara menangani kedua jenis sampah tersebut," pungkasnya. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO