Bina Marga Sidoarjo Inventarisir Bangunan Dilewati Frontage Road

Bina Marga Sidoarjo Inventarisir Bangunan Dilewati Frontage Road TEKEN HIBAH- Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan Presdir PT Maspion Grup Alim Markus disaksikan Wabup Sidoarjo MG Hadi Sutjipto, meneken perjanjian kerjasama lahan Frontage Road Waru, di Pendapa Delta Wibawa, 20 Juni 2013 lalu. foto dokumen BangsaOnline

SIDOARJO (BangsaOnline) – Usai Mabes TNI AL setuju menghibahkan lahannya untuk proyek Frontage Road, Dinas PU Bina Marga Sidoarjo mulai menginventarisir bangunan yang bakal dilewati proyek Frontage Road di sisi timur jalur rel Kereta Api (KA).

Kepala Dinas PU Bina Marga Sigit Setyawan menjelaskan, lahan yang bakal dibangun Frontage Road, sekitar 1, 5 kilometer, banyak berdiri bangunan, diantaranya gedung SMA Hang Tuah Sidoarjo, gedung Balur Jatim dan Brigif 1 Marinir. Karena itulah, bangunan itu akan dibangun lagi sesuai dengan nilai bangunan yang ada.

Tetapi tidak menutup kemungkinan akan dibangun yang lebih baik karena sebagai kompensasi dari hibah yang diminta Pemkab Sidoarjo. “Kami sudah menginventarisir gedung yang ada. Minimal nilainya nanti sama dengan bangunan lama. Tapi kalau lebih bagus kan nggak ada masalah,” tegas Sigit, Kamis (15/5/2014).

Dia menegaskan pihak dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah turun ke lokasi untuk melihat lahan yang dimohon untuk proyek Frontage Road. Dalam kesempatan itu, Kemenkeu tidak mempersoalkan atas hibah dari TNI AL yang dimohon oleh Pemkab Sidaorjo.

“Meski begitu kami tetap mengirim surat ke KSAL untuk memberi kabar terbaru terkait perkembangannya. Kami juga akan menghadap langsung kepada KSAL seperti yang dilakukan di Pendopo Sidoarjo beberapa waktu lalu,” beber mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Sidoarjo ini.

Kata Sigit, untuk pembangunan Frontage Road yang ada di sisi timur rel KA mulai Buduran hingga Waru, pada tahun 2014 ini telah dianggarkan Pemkab Sidoarjo senilai Rp 3 miliar. Anggaran yang ada itu difokuskan pada pembangunan jalan dan jembatan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO