Tekan Kematian Ibu dan Bayi, Fatayat Gresik Bentuk Relawan

GRESIK (bangsaonbline) - Pengurus Cabang (PC) NU Gresik diajak bekerjasama oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik untuk mensukseskan P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi).

Untuk itu, PC NU Gresik segeramembentuk relawan mulai cabanghinggaranting untukmeminimalisir kematian ibu dan bayi. Relawan dibentuk lantaran angka kematian ibu dan bayicenderung meningkat.

"Pemerintah mengandeng untuk mensukseskan P4K sangat tepat karena anggota merupakan usia produktif.Makanya, kita menyambut baik dengan kerjasama ini. Kita akan membentuk relawan,"ujar Ketiua PC NU Gresik, Hj. Safi'ah seusai melaukan sosialisasi P4K di kantor NU Gresik, kemarin (1/5).

Dia menambahkan, peran sudah sangat besar selama ini. Sebab, kader penggerakposyandu (pos pelayanan terpadu) di desa-desa, mayoritas merupakan anggota .

Fatayar Gresik, sambung Safi'ah berharap agar P4k tetap berlanjut sampai ditingkat bawah sehingga angka kematian ibu dan anak dapat menurun.

"Harapan fatayat program dapat berlanjut sampai ke ranting sehingga dapat meminilisir angka kematian

Karena bukan tidak mungkin sasaran adalah fatayat sebab usia produktif fatayat,"tukasnya.

Dalam sosialisasi tersebut, dr Ummi Khoirul dari Dinkes Gresik memberikan materi tentang kebijakan P4K di Kabupaten Gresik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO