Beragam Program RSUD Bangil untuk Beri Layanan Kesehatan Terbaik kepada Masyarakat

Beragam Program RSUD Bangil untuk Beri Layanan Kesehatan Terbaik kepada Masyarakat RSUD Bangil.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Di bawah kepemimpinan Bupati H. M. Irsyad Yusuf, layanan kesehatan masyarakat Kabupaten Pasuruan di kian terasa nyaman, komplit, dan profesional dalam penanganan.

dari tahun ke tahun terus berbenah untuk memberi layanan tebaik ke masyarakat. Hal itu terbukti dari besaran anggaran yang digelontorkan yang tidak pernah kecil setiap tahunnya.

Dirut , , mengatakan hal itu sesuai misi bupati yang kelimam yakni meningkatkan pelayanan dasar dalam bidang kesehatan.

pun kian berkembang setiap tahunnya dalam fasilitas dan layanan kesehatan pada masyarakat. Peningkatan pelayanan kesehatan itu mulai dari bedah digestif, CAPD, stroke holistic, ESWL, bedah plastij, hematologi, onkoligi, hingga Jelita Siaga. Berikut kemajuan dalam layanan tersebut:

Pelayanan Bedah Digestif

Mendukung program program Universal Health Coverage dan memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih komplek, mengembangkan pelayanan bedah digestif.

Bedah digestif adalah pelayanan untuk mendiagnosis dan melakukan terapi pada saluran pencernaan. Seperti kita ketahui bahwa saluran pencernaan itu meliputi kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, dan rectum, termasuk hati, pankreas dan kantung empedu.

Berbagai gangguan pencernaan yang dapat ditangani oleh dokter bedah digestif adalah: tumor, kanker, trauma, dan perdarahan pada saluran cerna, kanker hati dan pankreas, akalasia, hernia, penyakit kantung empedu, usus buntu dan lain-lain.

juga mempersiapkan diri dengan melengkapi kebutuhan alat kedokteran seperti laparoscopi, gastroscopi, dll sehingga pada awal tahun 2023 telah bekerja sama dengan dokter spesialis bedah digestif.

“Dan saat ini, pelayanan bedah digestif sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Tindakan operasi minimal Invasif telah dilakukan sehingga meminimalisir area yang dioperasi sehingga pasien cepat pulih,” ujar .

mendekatkan pelayanan sub spesialis sehingga pasien pun tidak perlu jauh-jauh lagi ke RSUD Syaiful Snwar Malang atau ke RSUD Dokter Sutomo Surabaya untuk bisa mengakses pelayanan bedah digestif.

Ke depannya akan selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya.

Pelayanan CAPD

Jumlah pasien dengan gangguan ginjal terminal yang membutuhkan pelayanan cuci darah semakin hari semakin meningkat. Antrean pasien yang cuci darah semakin meningkat pula. Menjawab kondisi itu, sudah mengoperasionalkan sekitar 20 unit mesin hemodialisa.

Sehari ada sekitar 40 pasien dilakukan tindakan cuci darah, belum lagi pasien baru yang membutuhkan tindakan cudi darah untuk kebutuhan life saving/penyelamatan jiwa.

sebenarnya mampu menambah kapasitas layanan. Tetapi karena perizinan operasional mesin HD harus sesuai regulasi terkait jumlah tenaga terlatih yang terbatas, sementara waktu dibatasi hanya 20 mesin HD.

Menjawab permasalahan tersebut, secara bertahap RSUD bangil akan memberikan pelayanan CAPD (continuous ambulatory peritoneal dialysis), yaitu metode cuci darah yang dilakukan lewat perut yang dapat dilakukan sendiri oleh pasien.

Dengan CAPD, pasien tidak harus melakukan cuci darah di Rumah sakit tiap 2-3 hari sekali, cuci darah bisa dilakukan di rumah. akan menyiapkan kebutuhan cairan untuk CAPD dan akan memberikan edukasi serta memonitoring kondisi pasien setiap bulan, sehingga cakupan pelayanan cuci darah menjadi lebih luas.

“Pasien dimudahkan dengan menghemat ongkos transportasi, penggunaan obat-obatan lebih sedikit, waktu yang dibutuhkan untuk pertukaran cairan tidak lama jadi pasien bisa beraktivitas seperti biasa. Kebutuhan cairan untuk CAPD bisa dilakukan jasa antar ke tempat pasien, sehingga pasien tidak merasa berat membawa cairan dengan jumlah banyak,” terang Arma.

Pelayanan membuat pasien dekat dengan serta merasa aman dan nyaman.

Pelayanan Stroke Holistik

Semakin hari, jumlah kunjungan pasien penyakit stroke semakin meningkat. Kebanyakan mereka datang sudah dalam kondisi yang berat mulai dari kelumpuhan, tidak bisa bicara, bahkan koma dan bisa berujung kematian.

“Saat ini, hadir dengan inovasi Stroke Holistik yaitu penanganan stroke mulai dari pelayanan pre hospital sampai dengan rehabilitasi paska stroke. Pelayanan pra hospital dengan menggunakan fasilitas BEST (Bangil Emergency Service Team).

Masyarakat yang mengalami gejala stroke seperti kesemutan, kelumpuhan organ, berbicara pelo atau bahkan tiba-tiba tidak bisa berbicara, dapat mengakses pelayanan BEST di nomor 081252511339 atau melalui aplikasi Emergency yang bisa didownload di play store,” terang Arma.

Keluarga pasien stroke bisa konsultasi, minta penjemputan, bila dibuthkan atau pasien bisa langsung datang ke IGD . Pasien akan langsung ditangani kegawatadaruratan mulai dari terapi pemberian obat-obatan trombolitik.

juga menyediakan pelayanan pembedahan, pelayanan ruang intensif, pelayanan rehabilitasi medik dan terapi wicara serta pelayanan komplementer seperti akupunctur.

Fasilitas peralatan pendukung pelayanan stroke sudah tersedia di , CT–Scan 16 dan 160 slice, ruang intensif dengan ventilator, ruang operasi dengan mikroskop bedah hingga klinik rehabilatasi medik.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO