Peringati Hardiknas 2023, Kepala Dindik Kota Madiun: Belajar Itu Sepanjang Hayat

Peringati Hardiknas 2023, Kepala Dindik Kota Madiun: Belajar Itu Sepanjang Hayat Kepala Dindik Kota Madiun, Lismawati, saat talk show terkait Hardiknas 2023. Foto: HENDRO SUHARTONO/BANGSAONLINE

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Kota begitu meriah saat memperingati Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas tahun ini, mulai dari upacara hingga pameran yang berhubungan dengan dunia pendidikan, baik formal maupun non-formal.

"Hardiknas tahun ini kita tidak sekedar mengenang kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Pendidikan Nasional. lebih kepada masyarakat maupun peserta didik akan merasa kesadaran diri bahwa belajar itu adalah sepanjang hayat, sehingga bisa meningkatkan potensi mereka," kata Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota, Lismawati, Selasa (2/5/2023).

Ia pun berharap, para peserta didik semakin bisa meningkatkan potensi yang ada dalam dirinya agar bisa menjadikan bekal di hari kemudian dengan mengasah bakat yang dimiliki.

"Sehingga anak-anak bisa memperoleh potensi yang benar-benar dia miliki secara optimal sebagai bekal untuk nanti terjun di masyarakat," tuturnya.

Terkait tema 'Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar', Lismawati menjelaskan bahwa kebersamaan itu dibutuhkan dan kebebasan untuk melakukan kegiatan belajar yang sifatnya positif.

"Jaman biyen kita belajar sering di dendeni, rame sithik diseneni (jaman dulu kita belajar sering ditakut-takuti, ramai sedikit dimarahi). Ramainya kan itu diskusi. Justru ramai itu melatih anak-anak mengeluarkan ide pendapatnya. Dan ada rasa percaya diri," paparnya.

Dengan merdeka belajar, kata Lismawati, para pendidik diharapkan mampu mewadahi serta menggali kemampuan para peserta didiknya.

"Sekarang merdeka belajar itu bukan berarti anak itu bebas tanpa belajar, tapi anak itu harus bisa kita wadahi dan arahkan kepada potensi yang dia miliki sesuai bakatnya." pungkasnya. (dro/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO