Dorong UMKM Naik Kelas, Pemkot Batu Beri Pembinaan Lewat 'Njagong Bareng'

Dorong UMKM Naik Kelas, Pemkot Batu Beri Pembinaan Lewat Kepala DPMPTSP Kota Batu Muji Dwi Leksono (berdiri empat dari kiri) usai kegiatan 'Njagong Bareng' di Desa Wisata Junrejo.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Batu melalui dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) terus berupaya melakukan pembinaan dan penguatan untuk pertumbuhan usaha mikro kecil menengah.

Salah satunya melalui pembinaan kemandirian UMKM lewat kegiatan “” yang dilakukan DPMPTSP dari desa ke desa, dari kelompok pengusaha satu ke pengusaha lainnya.

Muji Dwi Leksono, Kepala , menjelaskan kegiatan ini merupakan wadah bagi UMKM untuk saling sharing, khususnya terkait berbagai regulasi yang berkaitan dengan pelaku usaha.

"Persaingan UMKM ke depan akan luar biasa. Dengan berbagai regulasi yang baru, kami hadir untuk melakukan pendampingan agar UMKM di Kota Batu bisa bertumbuh dan bisa naik kelas," kata Muji, Rabu (15/2/2023)

Menurut Muji, kemudahan untuk UMKM juga didukung dengan hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) Among Warga. Dengan demikian, pelaku UMKM tak repot lagi dalam mengurus berbagai perizinantempat.

"MPP menjadi pelayanan alternatif bagi pelaku UMKM. Pelaku usaha bisa mengurus perizinan, mengajukan BPOM, hanya dalam satu tempat," katanya.

Ia berharap melalui pembinaan dan kolaborasi dengan berbagai dinas yang diberikan Pemkot Batu, UMKM dapat berkembang sehingga perekonomian juga meningkat.

Muji menambahkan, bahwa kegiatan pembinaan melalui njagong bareng ini sudah dilakukan sejak awal tahun 2022. Untuk tahun 2023 ini, pihaknya sudah melakukan pembinaan pada UMKM Kata Darwis UMKM di Gazebo .

Sebelumnya, DPMPTSP juga berkolaborasi dinas kesehatan, , dan BPJS Ketenagakerjaan Kota Batu memfasilitasi UMKM agar bisa naik kelas dan semakin mandiri. Hal itu dilakukan agar mereka siap naik kelas dan mampu bermitra dengan penanaman modal dalam negeri/penanaman modal asing lokal maupun nasional. (adi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO