4 Buah Larangan Bagi Penderita Diabetes

4 Buah Larangan Bagi Penderita Diabetes Dua potong semangka mengandung kadar gula darah tinggi tidak disarankan bagi penderita diabetes. (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penderita diabetes seringkali kebingungan untuk mengonsumsi makanan yang aman untuk disantap. Hal itu wajar, karena pasien diabetes wajib menjaga kadar darahnya agar tidak semakin meningkat.

Agar dapat mencukupi kebutuhan energi tanpa membuat tubuh mengalami lonjakan kadar darah yang berlebihan, maka dengan mengonsumsi buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Namun dalam mengonsumsi buah-buahan tersebut, penderita diabetes harus menghindari buah yang memiliki ukuran indeks glikemik (IG) di atas angka 60 atau atau 70-100. Buah-buahan yang mempunyai indeks glikemik tinggi dapat mengakibatkan meningkatnya darah di dalam tubuh. Kondisi ini membuat ancaman sendiri bagi kondisi pasien penderita.

Seperti dilansir Medical News Today, berikut beberapa jenis buah yang memiliki kadar tinggi

1. Nanas

Kandungan sekitar 5,5 gram karbohidrat di dalam secangkir potongan nanas dengan ukuran indeks glikemik (IG) yaitu 76.

2. Semangka

Kandungan 5,5 gram karbohidrat di dalam dua potong semangka, dengan ukuran indeks glikemik (IG) 76 merupakan angka yang cukup tinggi bagi penderita diabetes.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO