DPRD Minta Pemprov Segera Respons Masuknya Omicron ke Jatim

DPRD Minta Pemprov Segera Respons Masuknya Omicron ke Jatim Hikmah Bafaqih, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur, Hikmah Bafaqih meminta pemerintah tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota segera merespons masuknya Covid-19 varian Omicron di Jawa Timur, khususnya Surabaya. 

"Harus dilakukan tracking dari mana alurnya sebagai upaya kewaspadaan. Kemudian didiskusikan langkah-langkah progresif apa yang harus diambil dan sesegera mungkin," tegas politikus PKB tersebut, Ahad (2/1/2022).

Juru Bicara Rumpun Kuratif dr Makhyan Jibril Al Farabi mengatakan bahwa varian Omicron sudah terdeteksi di wilayah Jawa Timur, berdasarkan keterangan ITD (Institute of Tropical Disease) .

"Ini memang tak terelakkan karena salah satu karakter varian ini adalah penularannya sangat cepat. Kita harus waspada, tapi jangan sampai perkembangan ini membuat kita panik," imbaunya.

Menurut Dokter Jibril, sejauh ini varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien. Terutama pasien yang sudah mendapatkan vaksin.

"Sekarang yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian tidak meluas di Jawa Timur, jangan sampai terjadi penularan lokal," katanya. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO