PT Sagraha Satya Sawahita Berikan Tips Aman dalam Mengumpulkan dan Mengangkut Limbah B3

PT Sagraha Satya Sawahita Berikan Tips Aman dalam Mengumpulkan dan Mengangkut Limbah B3 Kantor PT Sagraha Satya Sawahita Banyuwangi. Foto: Ist

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - PT Sagraha Satya Sawahita ialah perusahaan pengumpul dan transporter limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) di Banyuwangi. Perusahaan yang berada di Jalan Yos Sudarso 56, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, itu memiliki perlakukan khusus dalam mengolah dan mengangkut limbah B3 di wilayahnya.

Kepala Operasional PT Sagraha Satya Sawahita, Pucca Hezkya, mengatakan bahwa selain mengantongi legalitas dan izin resmi operasional dari pemerintah, seluruh alat angkut limbah di perusahaannya memiliki kualitas yang prima serta spesifikasi dan desain khusus. Sehingga, kecil kemungkinan terjadinya kebocoran, tumpahan, dan kerusakan kemasan limbah saat diangkut.

"Khusus bagi para driver dan co-drivernya juga diadakan pelatihan khusus. Mereka sudah bersertifikasi," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Senin (27/12).

Eky (sapaan akrabnya) menuturkan, pihaknya menggunakan transportasi darat ketika mengangkut limbah B3. Terdapat puluhan truk dan mobil pikap khusus yang kondisi kendaraannya secara berkala dikontrol yang siap melayani di wilayah Provinsi Bali, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

"Harus dipastikan (kendaraan) dalam kondisi prima, laik jalan dan tersedia spill kit dalam kendaraan," tuturnya.

Masyarakat yang jalurnya dilalui kendaraan pengangkut limbah B3, lanjut Eky, tidak perlu khawatir karena kendaraan pengangkut limbah B3 tidak seperti alat transportasi pengangkut sampah rumah tangga, yang sering menyisakan ceceran air yang biasanya berbau tak sedap dalam jalur yang dilalui.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO