Persiapan Amankan Pilkades Serentak, Polres Madiun Gelar Apel Pasukan

Persiapan Amankan Pilkades Serentak, Polres Madiun Gelar Apel Pasukan Bupati Madiun Ahmad Dawami (baju putih) didampingi Kapolres AKBP Jury Leonard Siahaan melakukan inspeksi pasukan saat apel gelar pasukan. foto: HENDRO SUHARTONO/ BANGSAONLINE

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Tahapan pemilihan kepala desa (pilkades) di Kabupaten Madiun telah memasuki masa tenang. Sedangkan, coblosan akan dilaksanakan Senin (20/12) besok. 

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat proses pemungutan suara, menggelar apel kesiapan pengamanan tempat pemungutan suara (TPS), Minggu (19/12), bertempat di lapangan mapolres setempat.

Bupati Madiun yang memimpin apel tersebut mengatakan, biasanya menjelang waktu pemilihan, sangat rawan terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.

Karena itu, ia berharap melalui apel kali ini, pengamanan prosesi pilkades, khususnya di TPS, dapat berjalan optimal.

"Untuk pelaksanaan terkait prokes masa pandemi, wajib dijalankan sesuai dengan SOP dari Permendagri. Insya Allah oleh petugas semua akan dijalankan sesuai dengan SOP-nya," pungkas Kaji Mbing, sapaan.

Sementara AKBP Jury Leonard Siahaan menjelaskan pihaknya akan menerjunkan sebanyak 950 personel gabungan untuk mengamankan jalannya pilkades. "Kita mendapat bantuan dari Polres Magetan, Ngawi, Ponorogo, masing-masing sebanyak 30 dan juga bantuan dari kodim dan brimob dengan jumlah juga 30," terang.

Untuk teknis pengamanan, akan dibagi menjadi 3 zona. "Personel tambahan akan ditempatkan menyebar dalam zona tersebut. Sebagai antisipasi bila sewaktu-waktu ada kejadian yang tidak diinginkan," pungkasnya. (dro/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO