Berdayakan Disabilitas, Pemkab Kediri Gelar Berbagai Pelatihan

Berdayakan Disabilitas, Pemkab Kediri Gelar Berbagai Pelatihan Salah satu penyandang disabilitas saat mempraktikkan cara memotong rambut, setelah mendapat pelatihan. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui dinas sosial (dinsos) menggelar berbagai pelatihan bagi penyandang disabilitas yang diselenggarakan di aula kantor dinsos setempat, Selasa (30/11) lalu.

Pelatihan tersebut merupakan upaya untuk memberdayakan para penyandang disabitas, serta memberikan ruang kreativitas kepada mereka.

"Mereka harus mendapatkan kesempatan yang sama seperti orang lain," ujar .

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial, Slamet Turmudi, mengatakan pelatihan yang digelar terdiri dari menghias tumpeng yang diikuti oleh 6 tuna daksa dan 2 tuna rungu, dan pelatihan pangkas rambut untuk 4 tuna daksa dan 2 tuna rungu.

Menurutnya, pelatihan tersebut salah satu upaya mewujudkan misi dalam hal pengembangan sumber daya manusia, sehingga para penyandang disabilitas lebih mandiri.

"Ya agar temen-temen itu punya kemandirian, tidak bergantung kepada siapa pun," terangnya.

Selain pangkas rambut dan menghias tumpeng, sebelumnya dinsos telah menggelar pelatihan penggunaan smartphone kepada 16 orang tuna netra, berupa pengenalan aplikasi-aplikasi android, meliputi Zoom Meeting dan WhatsApp menggunakan aplikasi TalkBack. 

Slamet menambahkan, dinsos juga akan terus melakukan pendampingan dan monitoring kepada peserta pelatihan tersebut. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO