Bupati ​Hendy Fasilitasi FKUB dan FPK untuk Bantu Pembangunan di Jember

Bupati ​Hendy Fasilitasi FKUB dan FPK untuk Bantu Pembangunan di Jember Bupat Hendy mengukuhkan pengurus FKUB periode 2021-2026 dan pengurus FPK periode 2021-2024, berlangsung di Aula PB Soedirman, Rabu (24/11) sore.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Bupati mengukuhkan kepengurusan dua organisasi kemasyarakatan, yakni Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) periode 2021-2026 dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) periode 2021-2024. Pengukuhan berlangsung di Aula PB Soedirman, Rabu (24/11) sore.

FKUB adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.

Sebagaimana di Kabupaten dengan jumlah penduduk yang relatif besar di Jawa Timur, masyarakatnya terdiri dari beragam suku dan agama. Melalui peran FKUB dan FPK, Hendy berharap dapat tetap kondusif dengan berbagai keragamannya.

“FKUB bertujuan memelihara dan mengembangkan kerukunan umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” jelas Bupati Hendy.

Menurutnya, FKUB dan FPK dapat berperan serta dan aktif dalam meningkatkan wawasan kebangsaan, melalui kerukunan umat beragama dan pembaruan antar suku bangsa, khususnya di Kabupaten .

“FKUB dan FPK penting kehadirannya dalam kehidupan masyarakat majemuk. Eksistensinya bukan semata slogan, tapi perlu riil, dalam hidup masyarakat langsung,” tuturnya.

“Demikian pula dengan keberadaan FPK, adalah wadah dari berbagai suku bangsa yang hidup di , berbaur dengan 2,6 juta penduduk. Tentu merupakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi kekuatan besar untuk percepatan pembangunan Kabupaten ,” paparnya.

“Karenanya saya berharap keduanya dapat berinteraksi masuk ke masyarakat hingga level desa, agar masyarakat dapat memahami perkembangan yang terjadi kini dan masa mendatang,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Hendy juga berjanji akan memberikan fasilitas kantor, terutama untuk FPK. Mengingat pentingnya eksistensi lembaga ini, agar dapat memberikan sumbangsih maksimal bagi kepentingan pembangunan Kabupaten . (adv/yud/eko)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO