Mantan Wakil PM China Setubuhi Paksa Petenis Kondang, Kini Shuai Menghilang

Mantan Wakil PM China Setubuhi Paksa Petenis Kondang, Kini Shuai Menghilang Zhang Gaoli. Foto: Getty Images/Feng Li)

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Pemerintahan Komunis China benar-benar otoriter. Ini tampak pada kasus petenis terkenal, Peng Shuai, yang kini hilang setelah mengungkap aksi kekerasan seksual Zhang Gaoli terhadap dirinya. Zhang Gaoli adalah Wakil Perdana Menteri senior Republik Rakyat China 2013 hingga 2018.

Menurut Peng Shuai, Zhang Gaoli telah melakukan aksi kekerasan seksual terhadap dirinya. Petenis berusia 35 tahun itu menceritakan bahwa Gaoli memaksanya untuk tidur bersama.

Pengakuan itu diposting di akun media sosial Weibo, milik Peng Shuai. Dalam postingannya, Shuai merinci secara detail pelecehan seksual yang dialaminya. Namun, postingan itu dihapus 20 menit kemudian. Bahkan semua postingan di akunnya dihapus dari situs.

Dilansir dari Daily Star, akun Peng Shuai tampak telah dinonaktifkan untuk sementara waktu. Shuai memang orang pertama yang berani angkat suara mengenai kasus pelecehan yang dilakukan oleh salah satu tokoh pemimpin politik senior di negara China.

(Peng Shuai Foto: AP/Andy Brownbill)

Setelah membongkar kasus itu, petenis yang sempat menduduki peringkat ke-14 di dunia tersebut tiba-tiba menghilang dan belum terlihat di depan publik hingga saat ini.

Peng Shuai dan Zhang Gaoli saling mengenal sejak 2011. Setelah itu Gaoli dilaporkan memutuskan hubungan dengan Shuai ketika dipromosikan ke Komita Tetap Politbiro.

Pada 2018 lalu, pria yang kini berusia 75 tahun itu memutuskan untuk pensiun. Peng Shuai mengatakan bahwa saat itu Zhang Gaoli sempat mengundangnya untuk makan malam bersama istrinya.

Simak berita selengkapnya ...