Kunjungi TPA Jabon, Gus Muhdlor akan Bangun 3 TPST Kawasan di Sidoarjo

Kunjungi TPA Jabon, Gus Muhdlor akan Bangun 3 TPST Kawasan di Sidoarjo Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (baju batik hijau) , saat mengunjungi TPA Jabon.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berencana membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu () Kawasan di tiga lokasi yakni, Kecamatan Kota, Taman, dan Krian. Tempat itu juga bakal dilengkapi dengan mesin untuk mengolah sampah menjadi briket yang dapat dijadikan sebagai energi alternatif.

" Kawasan ini rencananya akan dibangun pada awal tahun 2022, sehingga tidak semua sampah langsung dibuang ke , tapi diolah menjadi briket," kata Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (), saat mengunjungi , Rabu (3/11).

Ia juga meminta kepada desa-desa di wilayahnya untuk mendirikan , bukan hanya penampungan, wajib ada pengolahan, minimal ada pemilahan agar tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.  menambahkan, penuhnya harus dijadikan momentum untuk melakukan banyak inovasi soal pengelolaan sampah untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih.

"Kita harus gotong royong, ini masalah kita bersama. Kita mulai dari lingkup rumah tangga, RT, desa, sudah mulai berpikir dan melakukan pengolahan sampah, sehingga semua tidak langsung dibuang ke ," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo, M Bahrul Amig, mengimbau kepada semua masyarakat untuk meminimalkan sampah yang keluar dari rumah. Berdasarkan riset yang telah dilakukan, setiap orang di Kota Delta rata-rata menghasilkan 0,54 kilogram (kg) sampah setiap hari dan jika ini bisa dikurangi menjadi 0,2 kg, sudah ribuan ton sampah berkurang.

"Sekarang penduduk kita 2,9 juta, kalau hasil sampahnya 0,2 kg, sudah berkurang 1.100 ton, per hari," ucap Amig.

Oleh sebab itu, lanjutnya, sampah rumah tangga ini bisa diolah menjadi kompos atau yang lainnya, sehingga tidak semua langsung dibuang begitu saja. Nantinya, kata Amig, Sidoarjo harus benar-benar bisa bebas sampah (zero waste), sampah itu cukup diolah di rumah masing-masing dan

"Saya yakin dengan kepedulian dan kerja sama, kita mampu wujudkan zero waste di Sidoarjo," pungkasnya (cat/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO