Dukung Kelancaran Air untuk Pertanian, Pemkab Pasuruan Benahi Ratusan Irigasi

Dukung Kelancaran Air untuk Pertanian, Pemkab Pasuruan Benahi Ratusan Irigasi Salah satu titik irigasi yang dilakukan perbaikan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Guna mendukung kelancaran air irigasi pertanian, kembali menggelontorkan anggaran miliaran rupiah pada tahun 2021 untuk membenahi tanggul dan irigasi yang rusak. Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang (DPU SDATR)  Kabupaten Pasuruan sudah mengalokasikan dana DAU sebesar Rp17 miliar.

Pembenahan jaringan irigasi tersebut untuk memperlancar pasokan air ke sawah petani, lantaran sejumlah plengsengan mengalami kerusakan karena tak tersentuk perbaikan selama bertahun-tahun. 

"Untuk anggaran pembangunan bersumber dari DAU. Untuk (nominal anggaran) tiap titik lokasi yang dibangun tidak sama, tergantung dari tingkat kerusakan fisik," jelas Ir Ikwan, Plt Kepala DPU SDATR didampingi kabid pembangunan, Santi.

Ia menambahkan, pengerjaan pembangunan tidak dilakukan swakelola, melainkan secara kontraktual melalui rekanan. Sejauh ini, progres proyek perbaikan irigasi tersebut memang masih rendah lantaran proses pengerjaan baru berjalan beberapa hari.

"Meski demikian, pihak dinas mendorong mereka yang sudah melakukan penandatanganan kontrak segera mulai karena mendekati musim penghujan," pungkasnya. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO